Kompas TV saintek teknologi

Cara Mendeteksi WhatsApp Anda Sedang Disadap dan Langkah Mengamankannya

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 14:13 WIB
cara-mendeteksi-whatsapp-anda-sedang-disadap-dan-langkah-mengamankannya
Berikut cara menghapus atau mengnonaktifkan fitur Saluran WhatsApp. (Sumber: WhatsApp)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan instan yang diminati oleh pengguna ponsel di seluruh dunia. Menurut data Statista pada Juni 2023, jumlah pengguna WhatsApp di seluruh dunia mencapai 2,78 miliar. Angka tersebut meningkat 12 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Namun, dengan jumlah pengguna WhatsApp yang begitu besar, aplikasi ini juga menarik perhatian orang-orang yang ingin menyalahgunakan platform tersebut untuk tindakan kriminal, termasuk penyadapan akun pengguna.

Jadi, bagaimana Anda dapat memeriksa apakah akun WhatsApp Anda sedang disadap dan apa yang bisa Anda lakukan untuk melindunginya? Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, WhatsApp Diblokir di 53 Android hingga iPhone, Segera Cek!

Tanda-tanda WhatsApp Sedang Disadap

1. Periksa Aktivitas WhatsApp

Langkah pertama adalah memeriksa daftar pesan Anda. Jika Anda menemukan pesan yang tidak pernah Anda kirim atau terima dari orang yang tidak Anda kenal, kemungkinan besar akun WhatsApp Anda telah disadap atau diretas.

2. Periksa Informasi Kontak 

Penyadap mungkin akan mencoba mengubah informasi kontak Anda. Untuk memeriksa ini, buka pengaturan WhatsApp, dan klik pada menu profil Anda di bagian atas. Periksa dan verifikasi bahwa informasi kontak Anda akurat dan tidak diubah oleh pihak yang tidak sah.

3. Periksa Daftar Kontak Baru

Tinjau daftar kontak WhatsApp Anda dengan membuka aplikasi dan periksa apakah ada teman baru atau kontak yang tidak dikenal yang muncul dalam daftar Anda.

4. Periksa Perangkat Tertaut

Untuk memeriksa apakah ada perangkat asing yang terhubung ke akun Anda, buka pengaturan WhatsApp, lalu klik pada menu "Perangkat Tertaut."


 

Tinjau daftar perangkat yang aktif dan pastikan tidak ada perangkat yang tidak Anda kenal. Jika Anda menemukan perangkat yang mencurigakan, keluarkan perangkat tersebut dari daftar.

Baca Juga: Dua Akun WhatsApp Kini Bisa Dipakai dalam Satu Ponsel, Ini Caranya!

Cara Mengamankan WhatsApp

Jika Anda memiliki kekhawatiran bahwa seseorang telah menggunakan akun WhatsApp Anda tanpa izin, langkah-langkah berikut dapat membantu Anda mengamankannya.

Aktifkan autentikasi dua faktor WhatsApp. Ini memungkinkan setiap kali seseorang mencoba login, mereka harus memasukkan kode verifikasi enam digit.

  1. Klik titik tiga di pojok kanan atas.
  2. Klik "Pengaturan."
  3. Klik "Akun."
  4. Klik "Verifikasi Dua Langkah."
  5. Klik "Aktifkan."
  6. Masukkan kode PIN enam digit yang Anda inginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membantu melindungi akun WhatsApp Anda dari potensi penyadapan dan menjaga keamanan data pribadi Anda.

Baca Juga: Cara Mematikan atau Membuang Saluran WhatsApp di HP



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x