Kompas TV lifestyle tren

Cara Mematikan atau Membuang Saluran WhatsApp di HP

Kompas.tv - 9 Oktober 2023, 09:33 WIB
cara-mematikan-atau-membuang-saluran-whatsapp-di-hp
Berikut cara mematikan atau membuang fitur Saluran WhatsApp di HP. (Sumber: WhatsApp)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beberapa pengguna WhatsApp mungkin telah merasa terganggu dengan tampilan fitur baru berupa saluran atau channel WhatsApp.

Fitur ini memakan tempat di bagian status dan dianggap menganggu karena status kontak di WhatsApp jadi susah mendapatkan highlight.

Saluran WhatsApp, atau yang dikenal sebagai channel WhatsApp, adalah fitur baru yang terletak dalam menu pembaruan WhatsApp. Ini menggantikan menu status yang biasanya menampilkan daftar status WhatsApp.

Baca Juga: Ponsel Android dan iPhone Versi Ini Tak Bisa Lagi Akses WhatsApp Mulai Oktober 2023, Cek Daftarnya

Fitur saluran memungkinkan pengguna untuk mengikuti akun terverifikasi dan mendapatkan pesan atau informasi terbaru dari berbagai wilayah.

Beberapa akun terverifikasi di Indonesia yang memiliki saluran WhatsApp meliputi BMKG beberapa kementerian, Bawaslu, dan banyak lainnya. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengikuti akun-akun tersebut untuk mendapatkan pembaruan informasi secara satu arah.


 

Bagi yang merasa terganggu dengan fitur ini, ada solusi sederhana untuk menghilangkan tampilan saluran di WhatsApp. Mari kita bahas cara melakukannya.

Baca Juga: Benarkah Bikin Stiker WhatsApp Sembarangan Bisa Dipenjara?

Cara Menghilangkan Tampilan Saluran di WhatsApp

Menghapus tampilan saluran di WhatsApp pada dasarnya dapat dilakukan dengan menghentikan langganan dari semua akun channel yang telah Anda ikuti. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih menu "Pembaruan WhatsApp."
  2. Jika sebelumnya Anda telah mengikuti beberapa akun saluran WhatsApp, Anda akan melihat daftar channel yang terletak tepat di bawah daftar status pada menu "Pembaruan WhatsApp."
  3. Pada daftar channel yang telah Anda ikuti, klik dan buka ruang obrolan akun saluran yang ingin Anda hapus.
  4. Di ruang obrolan akun saluran, klik ikon titik tiga (biasanya berada di pojok kanan atas) dan pilih opsi "Batal Mengikuti."
  5. Setelah Anda klik opsi "Batal Mengikuti" atau "Unfollow," akun saluran tersebut akan dihapus dari daftar saluran Anda, dan Anda tidak akan lagi menerima kiriman informasi atau pesan darinya.
  6. Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas untuk semua akun saluran yang Anda ikuti, daftar status WA Anda akan menjadi lebih lega dan bebas dari gangguan.

Baca Juga: Cara Kunci Chat WhatsApp Pakai Fitur Chat Lock, Bisa Sembunyikan Pesan Personal dan Rahasia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x