Kompas TV saintek sains

Waspada! Supermoon Malam Ini Berpotensi Tingkatkan Gelombang Air Laut hingga Banjir Rob di Indonesia

Kompas.tv - 1 Agustus 2023, 18:18 WIB
waspada-supermoon-malam-ini-berpotensi-tingkatkan-gelombang-air-laut-hingga-banjir-rob-di-indonesia
Ilustrasi supermoon. Peneliti BRIN dan BMKG menyebut fenomena supermoon 1 Agustus 2023 berpotensi meningkatkan tinggi gelombang laut di Indonesia. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Clara Yono Yatini mengungkapkan bahwa fenomena supermoon malam ini, Selasa (1/8/2023), dapat memicu peningkatan air pasang di laut.

Supermoon merupakan fenomena alam yang terjadi ketika Bulan berada pada jarak yang paling dekat dengan Bumi. Sebab, lintasan Bulan mengelilingi Bumi tidak bulat sempurna, melainkan lonjong.

Lintasan ini berbentuk lonjong karena banyaknya gaya pasang surut atau gravitasi yang menarik Bulan. 

Jarak Bulan yang lebih dekat dengan Bumi membuatnya terlihat lebih besar sehingga cahaya yang dipancarkan pun akan tampak lebih terang.

Cahaya lebih terang pada supermoon juga terjadi karena Bulan tepat berseberangan dengan Matahari dan seluruh permukaan yang menghadap Bumi akan memantulkan sinar matahari.

Munculnya fenomena supermoon ini disebabkan karena dua faktor pendukung, yaitu perigee (jarak terdekat Bulan dengan Bumi) dan fase purnama.

Baca Juga: Hari ini Ada Fenomena Supermoon di Indonesia, Bisa Dilihat Jam Berapa?

Dampak supermoon terhadap gelombang laut

Clara menyebut, supermoon tidak akan menimbulkan efek berbahaya bagi Bumi. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada perubahan pada pasang surut air laut saat supermoon. 

"Dampaknya mungkin hanya di ketinggian air pasang. Saya kurang tahu seberapa besar kenaikannya, tapi mungkin tidak terlalu signifikan," jelasnya, Senin 3 Juli 2023 dilansir dari Kompas.com.

Pada saat-saat tersebut, kata Clara, Bulan dan Matahari akan membentuk satu garis dengan Bumi, sehingga efek pasang surutnya akan saling melengkapi. 



Sumber : Kompas.com, Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x