Kompas TV saintek teknologi

AI Diperkirakan Bikin Waktu Kerja Makin Singkat, Apakah Gaji Pekerja akan Turun?

Kompas.tv - 2 Juli 2023, 08:00 WIB
ai-diperkirakan-bikin-waktu-kerja-makin-singkat-apakah-gaji-pekerja-akan-turun
Ilustrasi kecerdasan buatan. Penggunaan AI di Indonesia disebut akan membuat gaji turun karena waktu kerja dipersingkat. (Sumber: Pixabay Via Oddity Central)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) terus berkembang dengan pesat. Sebanyak 17 sektor lapangan usaha di Indonesia dan 26,7 juta pekerja di Indonesia diperkirakan akan terbantu oleh AI.

Salah satu dampak positif dari diterapkannya AI pada pekerjaan adalah mampu membantu pekerjaan semakin efisien. Dengan demikian, AI diperkirakan dapat mempersingkat waktu atau jam kerja.

Berdasarkan data mikro yang diolah Kompas.id dari Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) BPS tahun 2021, rata-rata waktu kerja para pekerja Indonesia adalah 8 jam per hari.

Baca Juga: The Beatles Segera Rilis Rekaman Lagu Baru Terakhir, AI Bantu Pisahkan Vokal Asli John Lennon

Jika AI diterapkan, maka waktu kerja bisa lebih singkat menjadi 6 jam per hari. Pasalnya, sisa pekerjaan selama 2 jam bisa dikerjakan oleh AI.

Misalnya, pada sektor pertambangan yang memiliki rata-rata waktu kerja paling lama, yakni 9,2 jam per hari, dapat dipersingkat 2,2 jam per hari, menjadi 7 jam saja.

Teknologi AI di sektor pertambangan dapat membantu pemantauan alat-alat berat. Mulai dari pemeliharaan, melacak kinerja, hingga mengidentifikasi kerusakan mesin. 

Pekerjaan yang biasanya membutuhkan banyak tenaga kerja dan waktu lama akan menjadi lebih singkat dengan AI.

Baca Juga: Insinyur Google Dipecat, Gara-gara Percaya AI Google "LaMDA" Jadi Makluk Hidup

Jika AI diterapkan, apakah akan berdampak pada gaji?

Jika lama waktu bekerja memengaruhi besaran gaji, maka beberapa pekerjaan akan mendapatkan pengurangan gaji yang cukup signifikan.

Sektor yang paling terdampak adalah sektor keuangan dan asuransi, informasi dan komunikasi, dan jasa perusahaan.


Tanpa AI, gaji pekerja di sektor keuangan dan asuransi adalah Rp4,07 juta per bulan atau Rp29.167 per jam dengan waktu kerja rata-rata 8,2 jam per hari.

Jika AI diterapkan, gaji pekerja dapat turun di angka Rp2,6 juta per bulan. Pasalnya, waktu kerja di sektor keuangan dan asuransi dapat dipersingkat menjadi 5,3 jam per hari.

Penyesuaian penghasilan pekerja jika AI diterapkan di Indonesia. (Sumber: Kompas.id)

Baca Juga: Menkominfo Dorong Pers Gunakan Teknologi Big Data, AI hingga Metaverse

Kemudian, gaji pekerja pada sektor informasi dan komunikasi adalah Rp3,4 juta per bulan atau Rp24.614 per jam dengan waktu kerja 8,8 jam per hari.

Jika AI diterapkan, gaji turun ke angka Rp2,1 juta per bulan karena waktu kerja berkurang menjadi 5,6 jam per hari.



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x