Kompas TV religi beranda islami

Ini Manfaat Salat Bagi Kesehatan Jasmani

Kompas.tv - 28 April 2020, 01:00 WIB
ini-manfaat-salat-bagi-kesehatan-jasmani
Hadist (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Herwanto

Maha besar Allah yang menciptakan semesta tanpa segala nikmat beserta isinya yg berlimpah tanpa keraguan sedikitpun tentang ciptaannya. Tentunya termasuk nikmat tubuh yang sehat.
Menggerakkan tubuh dengan bebas, bernafas, berjalan, bekerja, dan apapun yang dimiliki manusia tanpa terkecuali.

Nikmat tubuh yang sehat adalah hal yang terpenting bagi seluruh manusia yang hidup di bumi. Namun pola hidup manusia urban yang serba cepat dan instan, telah memberi pengaruh yg besar terhadap menurunnya tingat kesehatan masyarakat di perkotaan. Kesibukkan yang tak kenal waktu sering membuat manusia lupa menjaga kesehatannya.

Kurangnya aktivitas olah fisik yang berimbas pada kualitas kesehatan yang buruk semakin memperparah keadaan. Akibatnya berbagai keluhan dan penyakit pun bermunculan, menyerang mereka yang tua maupun muda.

Rumah sakit bertaraf internasional muncul di mana-mana. Dokter ahli pun jadi andalan. Berbagai terapi dengan teknologi penyembuhan terbaru, ditemukan. Perusahaan farmasi pun bersaing memproduksi beragam obat dan suplemen dalam berbagai variasi, merek, dan harga yang mengklaim jaminan kesembuhan.

Tapi hal itu semua ternyata tak cukup untuk mengatasi kesehatan manusia. Padahal biayanya pun tidak murah. Ini menunjukkan betapa semakin mahalnya sebuah kesehatan.

Rasulullah SAW sebagai teladan selalu mengingatkan kita untuk menjaga kesehatan, baik lewat pola makan berolah raga, maupun dalam ibadah salat.  Karena salat selain merupakan ibadah menyembah Allah ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi tubuh kita yang dibuktikan melalului berbagai penelitian ilmiah.

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab dan Al Quran dan dirikanlah salat.

Hadist tentang rukuk dan sujud (Sumber: Kompas TV)

“Sesungguhnya salat itu menjauhkan dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar, dan sesungguhnya mengingat allah dengan salat lebih besar keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain (QS Al Ankabut:45)

Berwudhu yang menyirami wajah dan bagian luar tubuh menimbulkan rasa segar setelah aktivitas yang penat seharian.

Sesungguhnya, Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan mensucikan diri” (QS Al Baqarah: 222)




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x