Kompas TV religi beranda islami

Tradisi Ramadan : Gendang Tambur Maninjau

Kompas.tv - 24 April 2020, 15:02 WIB
Penulis : Anas Surya

SUMATERA BARAT, KOMPASTV - Dalam berbagai budaya, salah satu cara untuk menimbulkan kemeriahan dalam sebuah acara adat adalah dengan menabuh atau memukul-mukul alat musik perkusi. Alat musik jenis ini, terutama gendang, ada di semua budaya termasuk budaya Sumatera Barat. 

Alat musik tambua dari Sumatera Barat alias tambur merupakan alat musik perkusi populer di Sumatera Barat yang sederhana namun mampu menimbulkan kemeriahan di acara atau pertunjukan adat apapun.

Begitupun anak-anak lelaki Maninjau, berlatih Gendang tambur sebagai persiapan menjelang festival rakit-rakit. Setelah gema takbir berkumandang, kelompok gendang tambur akan beraksi mengiringi rakit-rakit di jorongnya masing-masing.

Gendang tambur dimainkan oleh anak lelaki minang. Beranggotakan sekitar 10 orang. Gendang Tambur umumnya memainkan lagu minangkabau.

Ada dua jenis perkusi di Gendang tambur. Pertama disebut tambur yaitu batang kayu yang dilubangi tengahnya lalu dilapisi kulit kambing dibagian atasnya dan bawahnya. Alat kedua adalah tansa berupa Gendang kecil yang digantung dileher lalu ditabuh dengan rotan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x