Kompas TV religi beranda islami

7 Sunah Menyambut Idulfitri, Bisa Dilakukan Sebelum dan Sesudah Salat Id

Kompas.tv - 9 April 2024, 16:14 WIB
7-sunah-menyambut-idulfitri-bisa-dilakukan-sebelum-dan-sesudah-salat-id
Ucapan selamat Hari Raya Idulfitri 2024 (Sumber: Freepik)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Raya Idufitri 1445 Hijriah tinggal menghitung waktu. Untuk menyambut momen kemenangan setelah sebulan menjalankan ibadah puasa Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk mengikuti amalan sunah sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam.

Mengutip laman resmi Kementerian Agama RI, Rasulullah dan para sahabat pertama kali merayakan Idulfitri pada tahun kedua Hijriah atau 624 Masehi.

Sejak saat itu, beliau memberikan tuntunan bagaimana seharusnya umat Islam merayakan Hari Idulfitri dengan penuh kegembiraan dan kesyukuran. Berikut ini 7 sunah dalam menyambut Idulfitri berdasarkan riwayat-riwayat tentang Rasulullah.

Baca Juga: Daftar 362 Lokasi Salat Idulfitri Muhammadiyah di Jawa Tengah 10 April 2024

Perbanyak Membaca Takbir

Diriwayatkan bahwa Rasulullah mengumandangkan takbir pada malam terakhir Ramadan hingga pagi hari di 1 Syawal. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya: "Dan sempurnakanlah bilangan Ramadhan, dan bertakbirlah kalian kepada Allah."

Berhias dan Memakai Pakaian Terbaik

Idulfitri adalah momen untuk berhias dan berpenampilan sebaik mungkin sebagai wujud kegembiraan. Rasulullah biasa membersihkan badan, memotong kuku, memakai wewangian, dan mengenakan pakaian terbaik di Hari Raya.

"Rasulullah SAW menyuruh kami agar memakai pakaian terbaik dan wewangian terbaik yang kamu miliki pada dua hari raya." (HR. Al-Hakim).

Adapun dari Jabir bin Abdillah RA menyebutkan, "Rasulullah SAW mempunyai jubah sangat bagus yang selalu beliau pakai pada dua hari raya dan hari Jumat." (HR. Ibnu Abdil Bar dan Ibnu Khuzaimah).

Baca Juga: Mahfud Md Dijadwalkan Jadi Khatib Salat Idulfitri 1445 H/2024 di Masjid UGM

Makan Sebelum Salat Id



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x