Kompas TV religi beranda islami

Catat! 8 Tips Berpuasa yang Aman untuk Ibu Hamil di Bulan Ramadan

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 18:59 WIB
catat-8-tips-berpuasa-yang-aman-untuk-ibu-hamil-di-bulan-ramadan
Ilustrasi. Tips berpuasa yang aman untuk ibu hamil. (Sumber: Partystock on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ramadan merupakan bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Saat Ramadan, kaum muslim melaksanakan ibadah puasa. Tidak sedikit pula ibu hamil yang berpuasa.

Padahal, puasa tidak diwajibkan bagi ibu hamil karena mereka mengalami kondisi kesehatan yang berbeda, seperti mual, sakit tubuh, dan gejala lainnya.

Wanita yang sedang mengandung diperbolehkan tidak berpuasa dan mengganti puasa yang ditinggalkan setelah kondisi kesehatan membaik pascakelahiran.

Meskipun begitu, banyak ibu hamil yang memutuskan untuk tetap berpuasa karena merasa cukup sehat, kondisi janin yang baik, serta telah mendapatkan persetujuan dari dokter kandungan atau bidan.

8 Tips Berpuasa yang Aman untuk Ibu Hamil

Jika ibu hamil memilih untuk tetap berpuasa, berikut 8 tips berpuasa yang aman di bulan Ramadan, sebagaimana dikutip dari Kontan.co.id.

1. Menjaga Asupan Air Putih

Menjaga asupan air putih adalah salah satu tips penting bagi ibu hamil yang berpuasa selama bulan Ramadan. Disarankan untuk meminum air putih minimal 2 liter air setiap hari.

Hal itu dapat dilakukan dengan membagi waktu minum air sebanyak 8 sampai 10 gelas setiap harinya, termasuk saat berbuka puasa, sebelum tidur di malam hari, dan saat sahur.

Dengan demikian, ibu hamil dapat menjaga keseimbangan cairan tubuhnya dan menghindari risiko dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

2. Membatasi Makanan Terlalu Manis/Asam/Pedas

Menjaga konsumsi makanan dengan rasa yang berlebihan merupakan tips penting bagi ibu hamil yang berpuasa selama bulan Ramadan. Disarankan untuk membatasi makanan yang terlalu manis, terlalu asam, atau terlalu pedas.

Baca Juga: Sering Haus Selama Berpuasa? Coba Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman ini saat Sahur

Makanan-makanan dengan rasa yang berlebihan dapat menyebabkan naiknya asam lambung atau peningkatan kadar gula darah, yang berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut, pusing, atau ketidaknyamanan lainnya bagi ibu hamil.

Dengan menghindari makanan-makanan tersebut, ibu hamil dapat menjalankan puasa dengan lancar dan nyaman tanpa mengganggu kesehatan dan janin yang dikandung.

3. Minum Susu

Susu khusus ibu hamil dapat memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin yang sedang dikandung, selama berpuasa.

Jika sebelum bulan Ramadan ibu hamil biasanya minum susu pada pagi dan malam, saat berpuasa mereka dapat mengadaptasi jadwal konsumsi susu tersebut. Misalnya, minum susu saat berbuka puasa, malam sebelum tidur, atau saat sahur.

4. Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang



Sumber : Kontan.co.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x