Kompas TV lifestyle kesehatan

Sering Haus Selama Berpuasa? Coba Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman ini saat Sahur

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 17:05 WIB
sering-haus-selama-berpuasa-coba-hindari-konsumsi-makanan-dan-minuman-ini-saat-sahur
Ilustrasi. Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari untuk mengurangi rasa haus saat berpuasa (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV Saat berpuasa, salah satu kesulitan yang dihadapi adalah menahan haus. Merasa haus sangat umum terjadi selama puasa, karena kita harus menahan diri untuk tidak minum sama sekali dari pagi hingga petang. Tantangan ini memerlukan kesabaran dan disiplin untuk tetap menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

Meskipun tidak bisa dihindari, haus secara berlebihan selama puasa bisa diredakan dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih makanan dan minuman yang tepat saat sahur dan buka puasa agar bisa mengurangi rasa haus berlebihan.

Mengutip dari NDTV Food, berikut adalah makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur untuk mengurangi rasa haus tanpa mengorbankan kesehatan selama menjalankan ibadah puasa.

1. Minuman yang Mengandung Kafein

Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, memiliki efek diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil, sehingga dapat mempercepat timbulnya rasa haus.

Selain itu, kafein juga dapat mempercepat proses dehidrasi dalam tubuh. Oleh karena itu, semakin banyak kopi atau teh yang dikonsumsi selama puasa, maka semakin tinggi juga risiko terkena dehidrasi.

Meskipun demikian, kopi dan teh masih bisa dikonsumsi dengan batasan maksimal tiga cangkir dalam sehari.

Hal ini bertujuan untuk mencegah ketidakseimbangan cairan dalam tubuh akibat kehilangan cairan yang berlebihan selama berpuasa.

Baca Juga: Sakit Kepala saat Berpuasa? Simak 7 Cara Cegah dan Atasi tanpa Membatalkan Puasa

2. Minuman Manis

Minuman manis dapat memberikan dorongan energi yang cepat saat membutuhkan cairan tambahan. Namun, penting untuk diingat bahwa minuman dengan kandungan gula yang tinggi dapat meningkatkan laju kehilangan air dalam tubuh.

Minuman manis diketahui dapat menciptakan lingkungan asam yang berpotensi merusak fungsi enzim dan mengurangi kapasitas tubuh untuk menyimpan air yang diperlukan untuk memetabolisme kelebihan gula dalam sistem.



Sumber : NDTV Food


BERITA LAINNYA



Close Ads x