Kompas TV religi beranda islami

Perut Terasa Begah setelah Berbuka Puasa? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 17:04 WIB
perut-terasa-begah-setelah-berbuka-puasa-ini-penyebab-dan-cara-mencegahnya
Ilustrasi. Penyebab dan cara mencegah perut begah setelah berbuka puasa. (Sumber: 8photo on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat berpuasa Ramadan, umat Islam menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa, dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Selama menjalankan ibadah puasa, sering kali muncul beberapa masalah terkait sistem pencernaan atau perut, seperti kembung, peningkatan asam lambung, dan rasa begah.

Keluhan-keluhan itu tidak hanya dirasakan oleh orang-orang yang memiliki masalah pencernaan, tetapi juga dapat terjadi pada mereka yang tidak memilikinya.

Hal ini disebabkan oleh kebiasaan atau pola makan yang berbeda selama periode puasa dibandingkan dengan periode non-puasa.

Saat berbuka puasa, banyak orang cenderung tergoda untuk menyantap berbagai hidangan. Tanpa disadari, beberapa makanan dapat menyebabkan rasa begah di perut.

Berikut 6 cara yang bisa dilakukan untuk mencegah perut terasa begah setelah berbuka puasa, seperti dilansir GridHealth.id.

Cara Mencegah Perut Begah setelah Berbuka Puasa

1. Makan Perlahan

Makan secara perlahan sangat dianjurkan sebagai cara untuk menghindari begah setelah berbuka puasa.

Memberikan waktu lebih untuk makan bukan hanya bermanfaat untuk proses pencernaan, tetapi juga membantu perut memberikan sinyal kenyang ke otak.

Diperlukan sekitar 20 menit bagi perut untuk memberikan sinyal kenyang kepada otak.

Oleh karena itu, bijaklah dalam mengambil porsi makanan dan nikmatilah dengan santai dan perlahan untuk memberikan cukup waktu bagi perut untuk memberi tahu otak bahwa kebutuhan nutrisi telah terpenuhi.

2. Hindari Makan Berlebihan

Untuk menghindari rasa begah pada perut setelah berbuka puasa, disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan.

Ketika perut menerima terlalu banyak makanan, tekanan tinggi pada perut dapat terjadi. Kondisi ini dapat memicu peningkatan asam lambung, yang pada gilirannya menyebabkan mulas.

Baca Juga: Jangan Kalap saat Buka Puasa, Ini 8 Bahaya Makan Berlebihan

Karena terbatasnya enzim pencernaan di dalam lambung, proses pencernaan makanan memerlukan waktu lebih lama. Akibatnya, rasa begah di perut dapat muncul sebagai respons terhadap beban pencernaan yang berlebihan.

3. Bergerak

Tidak makan dan minum secara terburu-buru adalah langkah penting untuk mencegah begah setelah berbuka puasa.

Saat makan dan minum dilakukan dengan terburu-buru, perut dapat terasa begah, dan tubuh mungkin menjadi kurang termotivasi untuk bergerak.

Hindarilah kebiasaan ini karena dapat menyebabkan penumpukan makanan di dalam tubuh, yang berpotensi berdampak buruk pada kesehatan.



Sumber : HealthGrid.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x