Kompas TV religi agama

Jemaah Haji Indonesia Pulang ke Tanah Air Tanggal 4 Juli

Kompas.tv - 2 Juli 2023, 02:05 WIB
jemaah-haji-indonesia-pulang-ke-tanah-air-tanggal-4-juli
Jemaah haji Indonesia diperkirakan akan pulang ke tanah air pada tanggal 4 Juli 2023 mendatang. (Sumber: Kurniawan/Kemenag.go.id)

MAKKAH, KOMPAS.TV - Jemaah haji Indonesia diperkirakan akan pulang ke tanah air pada tanggal 4 Juli 2023 mendatang. Jemaah akan meninggalkan Mina setelah melakukan lempar jumrah.

"Rencana kepulangan jemaah haji Indonesia dimulai 4 Juli 2023 sebanyak 18 kloter," kata Kadaker Bandara Haryanto ketika ditemui Jurnali KompasTV Abel Insani di Makkah, Arab Saudi, Sabtu (1/7/2023).

Kepulangan jemaah akan dimulai dari kloter 1 BTH, kemudian JKG-4.

Saat ini jemaah haji yang mengambil nafar tsani akan segera meninggalkan Mina menuju Makkah. Kemudian mereka akan meninggalkan Makkah setelah selesai melakukan serangkaian lempar jumrah.

Rencananya lempar jumrah akan rampung pada Pukul 18.00 waktu Arab Saudi.

Kemudian, jika sesuai rencana, pada Pukul 20.00 jemaah haji sudah diberangkat dari Makkah menuju Jeddah. Dalam perjalanan ke Jeddah sendiri memakan waktu satu hingga dua jam.

Baca Juga: Jemaah Haji Indonesia Bersiap Pulang ke Tanah Air, Jangan Lupa Bagasi Koper akan Ditimbang

Sementara Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H Subhan Cholid menjelaskan lebih lanjut, jemaah haji Indonesia yang akan pulang ke tanah air pada 4 Juli 2023 merupakan jemaah gelombang pertama.

Jemaah gelombang pertama ini akan dipulangkan dan diterbangkan secara bertahap ke masing-masing embarkasi melalui Bandara Internasional King Abdil Aziz, Jeddah.

"Proses penimbangan barang bagasi akan dilakukan dua hari sebelum jadwal kepulangan. Jemaah agar mematuhi ketentuan barang bagasi penerbangan yang diterbitkan maskapai," kata di Makkah, Sabtu (1/7/2023), dikutip dari situs resmi Kemenag.

Kemudian, untuk jemaah haji gelombang kedua, mulai diberangkatkan ke Madinah pada 10 Juli 2023. Mereka akan tinggal selama delapan atau sembilan hari di Kota Nabawi sebelum pulang ke tanah air.

Sehingga jemaah haji gelombang kedua ini akan pulang ke tanah air mulai 19 Juli 2023. Mereka akan pulang ke tanah air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

Baca Juga: Suhu Panas Warnai Lempar Jumrah Ibadah Haji, 6.700 Jemaah Dirawat karena Kelelahan dan Heat Stroke


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x