Kompas TV religi agama

Hanya Butuh 30 Detik, Begini Cara Merebahkan Sapi Sebelum Disembelih Agar Tak Berontak

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 08:27 WIB
hanya-butuh-30-detik-begini-cara-merebahkan-sapi-sebelum-disembelih-agar-tak-berontak
Sapi kurban yang diserahkan Gereja Katedral Jakarta kepada pengurus Masjid Istiqlal, Sabtu (9/7/2022). (Sumber: Dok. Humas Gereja Katedral Jakarta)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyembelihan hewan kurban sapi umumnya membutuhkan usaha yang lebih karena ukuran badannya yang cukup besar. Tidak sedikit yang belum memahami bagaimana cara merebahkan sapi dengan tepat.

Cara merebahkan sapi yang kurang tepat biasanya membuat hewan kurban kesakitan dan malah memberontak. Tak jarang kita melihat banyak sapi yang justru kabur atau lepas.

Dosen Jurusan Peternakan Politeknik Negeri Jember Erfan Kustiawan mengatakan bahwa terdapat metode yang mudah dan aman untuk merebahkan sapi sebelum disembelih.

Baca Juga: Jokowi Beri Bantuan Sapi Kurban ke 38 Provinsi, Ada yang Dikirim Pakai Kapal Sejauh 283 Km

Metode ini bernama rope squeeze yang dapat dilakukan menggunakan bantuan tali saat hendak merebahkan sapi. Rope squeeze juga tak membutuhkan banyak orang dalam prosesnya.

"Metode ini (rope squeeze) sebenarnya tidak hanya digunakan saat sapi akan disembelih saja, tetapi pada saat perawatan rutin seperti memotong kuku sapi. Teknik ini juga bisa diaplikasikan karena untuk perawatan sapi juga harus direbahkan atau dirobohkan terlebih dahulu," kata Erfan, dikutip dari laman Vokasi Kemendikbud, Kamis (29/6/2023).

Erfan menjelaskan, dengan menggunakan metode rope squeeze, kita hanya membutuhkan tali yang kuat dengan panjang mengikuti ukuran badan sapi.

Teknik rope squeeze untuk merobohkan sapi sebelum disembelih untuk kurban di hari Iduladha. (Sumber: Allpedia)

Metode ini disebut dapat merebahkan sapi dengan cepat sehingga tidak menyakiti sapi dan tidak membuatnya menjadi stres.

“Jadi lebih memperhatikan animal welfare karena tidak menyakiti sapi dan prosesnya cepat, 30 detik saja sapi sudah roboh,” ujar Erfan.


Cara robohkan sapi dengan rope squeeze

Adapun, cara mengaplikasikan metode rope squeeze adalah dengan mengunci sapi di bagian perut dan dada dengan tali simpul di bagian leher, tubuh, dan pangkal kaki.

Simpul tali tersebut dapat mengunci tubuh sapi sehingga sapi mudah dikendalikan.

Baca Juga: Sapi Kurban Mengamuk dan Hampir Tabrak Lapak Pedagang di Garut, Ini Penjelasan Dokter Hewan

“Nanti arah robohnya sapi itu akan sesuai dengan arah tarikan talinya. Kalau tarikannya ke kiri maka sapi akan roboh ke kiri dengan posisi tidak terbanting. Jadi, seolah-olah itu posisi merebah,” Erfan menjelaskan. 

Dengan perlakukan yang baik sebelum penyembelihan, diharapkan sapi menjadi lebih rileks dan tidak stres saat disembelih. Alhasil, daging sapi yang dihasilkan juga akan lebih berkualitas.

Baca Juga: Doa Menyembelih Hewan Kurban Iduladha untuk Orang Lain dan Diri Sendiri

Doa menyembelih hewan kurban

Pada Hari Raya Iduladha 2023 ini, penting untuk mengetahui doa menyembelih hewan kurban sebagaimana tuntuntan islam. Melansir NU Online, menyembelih sendiri hewan kurban lebih diutamakan atau sunah sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah.

Doa menyembelih hewan kurban diawali dengan membaca basamalah. Kedua, membaca shalawat. Ketiga, menghadap kiblat. Keempat, membaca takbir tiga kali sebelum membaca basmalah atau setelahnya. Kelima, membaca doa



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x