Kompas TV nasional humaniora

Jokowi Beri Bantuan Sapi Kurban ke 38 Provinsi, Ada yang Dikirim Pakai Kapal Sejauh 283 Km

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 08:00 WIB
jokowi-beri-bantuan-sapi-kurban-ke-38-provinsi-ada-yang-dikirim-pakai-kapal-sejauh-283-km
Sapi kurban Presiden RI Joko Widodo dikirim menggunakan kapal motor menuju Pulau Serasan di Kabupaten Natuna, Kepri, Sabtu (24/6/2023) sore. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo memberikan bantuan sapi kurban ke 38 provinsi di Indonesia. Salah satunya ke Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Adapun jenis sapi yang diberikan adalah satu ekor sapi jenis Simental dengan berat 950 kg.

"Sapi bantuan Bapak Presiden Joko Widodo untuk hewan kurban pada perayaan Hari Raya Iduladha 2023 diberikan kepada umat Muslim di Kabupaten Timor Tengah Utara," kata Kepala Bidang Agribisnis dan Kelembagaan Dinas Peternakan Provinsi Nusa Tenggara Timur Edy Djuma di Kefamenanu, Rabu (28/6/2023). 

Sapi bantuan Presiden Joko Widodo itu diserahterimakan di Masjid Agung Nurul Falah Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara.

Baca Juga: Cerita Peternak di Buleleng Tak Sangka Sapinya Dibeli Presiden Jokowi

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur kata dia semula melakukan seleksi terhadap sejumlah ternak dari beberapa daerah untuk dipilih sebagai sapi bantuan Presiden Jokowi.

Setelahnya, maka ditetapkan sapi Simental dari Kabupaten Kupang sebagai hewan kurban bantuan dari Presiden Joko Widodo.

Jokowi juga memberikan bantuan sapi kurban ke Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri). Sapi dari presiden itu akan distribusikan untuk warga Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, akan didistribusikan secara adil.

"Kita terus mengawal agar sapi kurban dari Bapak Presiden aman dan sehat, hingga daging kurbannya dapat terdistribusi dengan adil kepada masyarakat," kata Sekretaris Daerah Pemprov Kepri, Adi Prihantara di Tanjungpinang, seperti dikutip dari Antara. 

Sekda menyebut saat ini sapi kurban Presiden sudah berada di Pulau Serasan setelah menempuh perjalanan laut sekitar 14 jam dari Selat Lampa, Natuna.

Baca Juga: Warga di Kudus Selama Ini Tidak Berkurban Sapi saat Iduladha, Kenapa?|SINAU

Sapi kurban berbobot 750 kilogram itu, kata dia, akan disembelih usai Salat Iduladha 1444 Hijriah, Kamis (29/6).

"Setelah itu, daging kurban akan langsung dibagikan kepada warga yang berhak menerima di Pulau Serasan," ujar Adi.

Ia juga mengapresiasi Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono yang memberikan atensi khusus kepada Provinsi Kepri, karena lokasi sapi yang harus menyeberang dari Pulau Natuna ke Pulau Serasan, sebuah pulau terluar di Natuna.

"Sapi kurban Bapak Presiden ini merupakan sapi lokal yang dipelihara peternak di Natuna. Sapinya gagah dan besar," ucapnya. 

Sementara, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Kepri sehingga proses dari awal sampai dengan pengiriman sapi yang diberikan Presiden Jokowi kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x