Kompas TV religi agama

Gunakan Bus Baring dan Bus Duduk, 238 Jemaah Haji yang Sakit Lakukan Safari Wukuf ke Arafah

Kompas.tv - 27 Juni 2023, 23:38 WIB
gunakan-bus-baring-dan-bus-duduk-238-jemaah-haji-yang-sakit-lakukan-safari-wukuf-ke-arafah
Jemaah haji Indonesia yang sakit dan melaksanakan wukuf dengan berbaring di bus, Selasa (27/6/2023). (Sumber: Kemenag RI)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

MAKKAH, KOMPAS.TV - Setidaknya 238 jemaah haji Indonesia melaksanakan safari wukuf dari klinik kesehatan dengan mengendarai dua jenis bus ke Arafah, Makkah, Selasa (27/6/2023).

Ratusan jemaah yang sakit itu disafariwukufkan menggunakan bus baring dan bus duduk pada momen ibadah haji 2023 ini.

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Makkah dokter Andi Ardjuna, 238 jemaah yang sakit itu dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

"Mereka terdiri atas 48 jemaah sebagai pasien baring, dan 190 jemaah sebagai pasien duduk," terang dokter Ardjuna di KKHI Makkah, Selasa (27/6/2023).

Para jemaah itu pun melaksanakan safari wukuf dengan menumpangi 15 bus yang terdiri dari enam bus baring dan 9 bus duduk.

Bus baring, akta Ardjuna, diisi masing-masing dengan 8 jemaah. Sementara bus duduk rata-rata diisi dengan 25 jemaah.

"Setiap bus ada petugas pendamping, terdiri atas satu dokter, dua perawat, satu petugas membantu menyuapi makan jemaah, serta tim pembimbing ibadah," jelas Ardjuna.

Baca Juga: Jemaah Haji Indonesia Laksanakan Wukuf di Arafah, Ini Link Siaran Langsung Khutbahnya

Belasan bus tersebut membawa para jemaah dari KKHI Daker Makkah ke Arafah secara bertahap. Keberangkatan bus pertama dilaksanakan pada sekitar pukul 12.00 Waktu Arab Saudi (WAS).



Sumber : Kompas TV/Kemenag RI


BERITA LAINNYA



Close Ads x