Kompas TV religi agama

Kisah Khalifah Ali Dibunuh Waktu Subuh Bulan Ramadan, Pembunuhan Terkeji dalam Sejarah Islam

Kompas.tv - 13 April 2023, 05:33 WIB
kisah-khalifah-ali-dibunuh-waktu-subuh-bulan-ramadan-pembunuhan-terkeji-dalam-sejarah-islam
Ilustrasi Perang Badar. Berikut ini juga merupakan peristiwa memilukan dalam sejarah Islam, yakni wafatnya Ali bin Thalib dalam bulan Ramadan (Sumber: Kompas.com )
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Umat Islam di seluruh dunia tidak akan lupa malam itu, sebuah peristiwa keji yang merenggut Khalifah Ali bin Abi Thalib dan terjadi pada malam bulan suci Ramadan pada tahun 661 Masehi atau ke-40 Hijriah. 

Khalifah Ali dibunuh secara keji oleh seorang bernama Ibnu Muljam. Ibnu Muljam adalah seorang seorang fasih Al-Qur’an dan berasal dari golongan Khawarij, golongan yang mengeklaim paling benar tentang Islam. Sedangkan kelompok lain salah. 

Peristiwa keji itu terjadi usai salat Subuh pada 17 Ramadan atau 20 Ramadan—para sejarawan berbeda pendapat soal hari Ali Ibnu Muljam membunuh Ali saat sedang beribadah itu. 

Pembunuhan Khalifah Ali itu akibat beda paham politik keagamaan yang berakibat pada perang Shiffin pada 37 H/ 648 M antara Muawiyah dan Ali. Kedua pemimpin Islam itu beda paham terkait suksesi kepimpinan dan keumatan.

Akibatnya, sejumlah kelompok yang tidak setuju keduanya muncul bernama kelompok bernama Khawarij. Ibnu Muljam adalah bagian kelompok ini.

Kelompok ini menentang keduanya, Ali dan Muawiyah, serta menganggap diri paling benar. Di luar kelompoknya salah dan kafir.

Ia merasa, kelompoknya sesuai dengan Al-Qur’an dan selain mereka wajib diperangi karena telah mengotori hukum Allah.

Ibnu Muljam sebagai bagian Khawarij ini dan berniat menghabisi keduanya, baik Ali bin Thalib maupun Muawiyah. Hingga saat subuh, Ali pun berpulang ditikam pisau oleh Ibnu Muljam. 

Kematian Ali pun jadi kabar memilukan bagi Umat Islam, beliau adalah menantu suami dari Fatimah putri Nabi Muhammad. Sekaligus salah satu sosok paling awal masuk Islam, serta salah satu sosok terbaik di sisi Rasulullah.

Lautan manusia pun mengiringi kepulangannya.

Baca Juga: Asal-usul Perang Badar, Perang Dahsyat Umat Islam di Bulan Ramadan

Pembunuhan Paling Keji dalam Sejarah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x