Kompas TV religi beranda islami

Jumat Berkah Tiba, Berikut Ini 4 Amalan Ringan Penghapus Dosa

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 06:16 WIB
jumat-berkah-tiba-berikut-ini-4-amalan-ringan-penghapus-dosa
llustrasi seorang muslim yang berdoa. Mumpung Jumat berkah, amalkan beberapa hal ini (Sumber: Freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jumat berkah tiba, hari istimewa dalam Islam. Berikut ini adalah beberapa amalan yang bisa diamalkan dan memiliki banyak keutamaan. Salah satunya sebagai penghapus dosa-dosa kita yang menumpuk.

Paling tidak, ada 4 amalan yang bisa dilakukan sebelum atau sesudah salat Jumat. Ketika mengamalkannya, bisa di mana saja dan tidak terlalu rumit dikerjakan.

Ketika melakukannya, bahkan sembari di perjalanan karena kemudahan ketika mengerjakannya. Meskipun, lebih baik memang di masjid untuk salat Jumat atau jika memungkinkan, sebelum azan salat Jumat. 

Ini supaya umat Islam tidak kehilangan keberkahan hari Jumat. Jumat berkah yang sayang untuk dilalui begitu saja.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jumat adalah sebaik-baik hari kala mentari terbit. Nabi Adam diciptakan pada hari Jumat. Demikian pula ketika dimasukkan dan dikeluarkan dari surga. Dan tidak akan terjadi hari kiamat, kecuali pada hari Jumat,” (HR Muslim).

Baca Juga: Sedekah yang Bikin Rezeki Lancar dan Berkah hingga Didoakan Malaikat

4 Amalan Jumat berkah:

Sedekah

Pada hari Jumat berkah, sedekah adalah hal kecil yang sangat diajarkan. Bahkan, jadi kebiaasa baik Nabi Muhammad. Lantas, kenapa kita tidak menirunya?

Toh, sedekah tidak akan membuat kita jadi miskin, justru sebaliknya menjadikan rezeki kita berlipatganda. Dan, sedekah juga benteng kita dari siksaan api neraka.

Mendaras Alquran

Mumpung Jumat berkah tiba. Memperbanyak membaca kitab suci adalah salah satu amalan ringan. Sebaiknya juga baca Surat Al-Kahfi.

Jika tidak bawa mushaf Alquran, bisa kok dengan membawa digital atau bahkan sekadar mendengarkan ngaji atau mural Alquran.

Kenapa Surat Al-Kahfi?

Nabi Muhammad,“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR An-Nasa’i dan Baihaqi)  

Perbanyak selawat Nabi

Selawat Nabi adalah bukti cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Apalagi jumat berkah seperti hari ini. Ini sebagai upaya kelak kita diakui oleh umat beliau dan mendapatkan syafaat kelak.

Selawat ini bisa juga dibaca dalam hati. 

Baca Juga: Manfaat Selawat Ummi, Pahalanya Setara Ibadah 80 Tahun

Zikir

Zikir juga merupakan amalan ringan yang bisa kamu lakukan saat jumat tiba atau sebelum jumat. Zikir ini hal kecil, tapi bisa berpahala besar.

Itulah amalan ringan di hari Jumat berkah. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x