Kompas TV nasional rumah pemilu

Politikus Demokrat soal Cagub yang Diusung di Pilkada Sumut: Sudah Mengerucut ke Bobby Nasution

Kompas.tv - 27 Mei 2024, 03:25 WIB
politikus-demokrat-soal-cagub-yang-diusung-di-pilkada-sumut-sudah-mengerucut-ke-bobby-nasution
Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani. (Sumber: Dokumentasi Kamhar/Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kandidat kepala daerah yang akan diusung Partai Demokrat di Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara (Pilkada Sumut) 2024 semakin mengerucut pada nama Wali Kota Medan Bobby Nasution.

"Saat ini sudah semakin mengarah dan mengerucut untuk mengusung kader Partai Gerindra Bobby Nasution," kata Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani, Minggu (26/5/2024), dikutip Tribunnews.com.

Menurutnya, Demokrat ingin melanjutkan kebersamaan dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang sudah memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024, khususnya di pemilihan gubernur di 38 provinsi.

Baca Juga: PDI-P Pertimbangkan Usung Ahok di Pilkada Sumatera Utara untuk Lawan Bobby Nasution

"Partai Demokrat telah berkomitmen untuk senantiasa selaras dengan Koalisi Indonesia Maju di tingkat pusat pada pilkada serentak mendatang, utamanya pada pemilihan gubernur," tambahnya.

Meski demikian, Kamhar menyebut partainya menghormati Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang masuk bursa calon gubernur Sumut.

"Silakan saja Pak Ahok masuk bursa cagub Sumut, itu hak politik beliau. Kami tak ingin mengomentari lebih jauh," ucapnya.

Sebelumnya Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga menyatakan hal senada. Menurutnya, PAN berkomitmen mengusung Bobby pada Pilkada Sumut 2024.

"Di Sumatera Utara, PAN menegaskan akan mengusung Mas Bobby Nasution menjadi calon Gubernur Sumatera Utara," kata Viva, Minggu (26/5/2024).

Menurutnya, menantu Presiden Joko Widodo itu merupakan keturunan asli Sumut yang sudah mengetahui adat istiadat setempat.

Baca Juga: Fakta-fakta Rumah Bobby Nasution Kemalingan: Pelaku Ternyata Anggota Satpol PP

"Alasannya dia (Bobby) berpengalaman di pemerintahan sebagai wali kota dan yang kedua mas Bobby itu orang Sumatera Utara itu sendiri yang paham peta, psikologis, adat istiadat masyarakat Sumatera Utara," ucapnya.

Ia juga menilai Bobby bisa memenuhi syarat-syarat yang harus dipenuhi bakal calon gubernur Sumut.

"Kami yakin Mas Bobby akan dapat menjalani pilkada ini dengan baik," kata dia.


 



Sumber : Tribunnews.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x