Kompas TV religi beranda islami

Amalan Ringan Pembuka Pintu Surga yang Dikehendaki

Kompas.tv - 23 Februari 2022, 16:47 WIB
amalan-ringan-pembuka-pintu-surga-yang-dikehendaki
ilustrasi wudhu dengan menggunakan air. Ada perkara ringan yang berkaitan dengan wudu dan merupakan amalan penghuni surga, apa itu? (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada perkara ringan yagn sering dilupakan. Padahal, perkara ringan ini adalah bagian dari salat dan memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah kelak jadi pembuka pintu surga bagi yang istikamah melakukannya.

Tidak tanggung-tanggung, amalan ini bagi yang istikamah melakukannya bisa jadi kunci untuk pintu surga yang dikehendaki.

Lantas, apakah amalan tersebut?

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Sahabat Umar dikisahkan, Nabi Muhammad selalu doa usai wudhu. Ternyata, doa usai wudu ini bisa jadi pembuka pintu surga. 

Diriwayatkan dari Umar bin Khattab, ia berkata, ‘Rasulullah bersabda, ‘tidaklah salah satu dari kalian berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian berdoa, ‘Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yangberhak selain Allah dan Nabi Muhammad  adalah hamba dan utusan Allah, kecuali akan dibukakan pintu-pintu surga yang ada delapan macam, ia bebas memasukinya.'” (Muttafaq Alaih)

Dari penjelasan di atas menggambarkan betapa Allah sangat memudahkan hambanya untuk masuk surga. Sayangnya manusia sering melupakannya. 

Ada banyak godaan yang membuat kita tidak melakukannya dan tidak disadari. Godaan itu, misalnya, bisa berupa ketergesa-gesaan dalam wudu dan ingin segera salat.

Hal ini merupakan godaan nafsu yang selalu mengarahkan hal negatif yang tidak disadari. Untuk itulah, baiknya beri jeda sejenak untuk doa setelah wudu, sebelum salat.

Hal ini agar jadi kebiaasan dalam sehar-sehari. Sebab, seperti hadis Nabi, mereka yang istikamah doa seperti itu bisa jadi amalan untuk memasuki pintu surga-Nya.  

Baca Juga: Niat Puasa Senin-Kamis, Lengkap dengan Dalil dan Keutamaan Istikamah Melakukannya

Doa Setelah Wudu, Amalan Ringan Penghuni Surga

Doa setelah wudu yang ternyata banyak hikmahnya (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Asy-hadu alla ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuluh, allohummaj'alnii minattawwaabiina waj'alnii minal mutathohhiriin.

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci.

Semoga kelak kita termasuk golongan yang bisa memasuki pintu surga-Nya. Amin.

Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x