Kompas TV religi beranda islami

Gambaran Neraka yang Bikin Nabi Muhammad Menangis Tersedu-sedu

Kompas.tv - 19 Februari 2022, 11:01 WIB
gambaran-neraka-yang-bikin-nabi-muhammad-menangis-tersedu-sedu
Ilustrasi setan di neraka. Gambaran neraka membuat Nabi Muhammad SAW menangis, seperti apa gambarannya? (Sumber: Instagram @sugarhackvintage)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nabi Muhammad SAW dikisahkan menangis tersedu-sedu ketika beliau mendapatkan gambaran neraka dari Allah SWT.

Kisah ini termaktub dalam kitab Mawaidzh Usfuriyah karya Muhammad bin Abu Bakar Al-Ushfuri pada ikhbar ke-10 terkait surga dan neraka.

Diceritakan dalam kitab tersebut, tangisan Nabi Muhammad hingga tersedu-sedu tersebut membuat para sahabat Nabi juga ikut menangis.

Padahal, waktu itu, para sahabat belum tahu gambaran neraka dan pedihnya seperti apa. Hanya Nabi Muhammad yang memahami, sebab Malaikat Jibril baru menurunkan ayat terkait hal tersebut kepada Nabi.

Para sahabat Nabi tentu saja belum berani menanyakan perihal tangisan tersedu-sedu Nabi Muhammad tersebut.

Ketika kejadian tersebut, para sahabat berinisiatif untuk meminta putri kesayangan beliau Sayyidah Fatimah. Sebab para sahabat tahu, kedatangan putri Nabi itu biasanya membuat hati bahagia.

Baca Juga: Kisah Orang-Orang yang Dijebloskan ke Neraka, Lalu Diangkat ke Surga

Gambaran Neraka, Bikin Nabi Muhammad dan Putrinya Menangis 

Singkat cerita, Fatimah sampai kepada Nabi dan menanyakan kenapa Nabi Muhammad sampai menangis tersedu-sedu seperti itu.

“Bagaimana mungkin tidak menangis, sementara Jibril baru saja menyampaikan wahyu berikut ini: ‘Sesungguhnya Neraka Jahanam adalah tempat akhir yang dijanjikan untuk mereka semua’ (QS Al Hijr ayat 43).”

Lantas, Fatimah pun bertanya kepada beliau,”Wahai Rasulullah, seperti apakah pintu-pintu neraka tersebut?

Nabi Muhammad menjawab,”Wahai putriku, sesungguhnya pintu neraka yang paling ringan itu setara dengan 70 ribu lembah api, lalu pada gunung tersebut terdapat 70 ribu lembah api, lalu pada tiap-tiap lembah api tersebut berisi 70 juta kota.

Kemudian, pada tiap kota terdapat 70 istana api yang di dalamnya terdapat 1 juta rumah dari api. Lantas pada tiap rumah itu terdapat 70 juta ruangan api, di dalamnya berisi 70 juta peti api.

Lalu, pada tiap peti api terdapat 70 juta jenis siksaaan yang berbeda satu sama lain,” papar Nabi Muhammad.

Mendengar hal itu, Sayyidah Fatimah pun ikut menangis tersedu-sedu. Beliau pun cemas dan sedih melihat gambaran neraka yang diceritakan Nabi Muhammad tersebut.

“Betapa malangnya orang yang masuk neraka,” tutur beliau.

Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x