Kompas TV religi beranda islami

Kisah Orang-Orang yang Dijebloskan ke Neraka, Lalu Diangkat ke Surga

Kompas.tv - 18 September 2021, 16:37 WIB
kisah-orang-orang-yang-dijebloskan-ke-neraka-lalu-diangkat-ke-surga
Ilustrasi: Surga kerap diasosiakan dengan tempat yang indah. (Sumber: pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kisah ini berasal dari Rasulullah tentang beberapa orang yang kelak bakal dijebloskan ke neraka, lalu diangkat ke surga. Bagaimana ceritanya bisa masuk ke neraka lantas dimasukkan ke surga?

Kisah ini termaktub dalam kitab Mawaidzh Ushfuriyah karya Muhammad bin Abu Bakar al-Ushfuri, ulama termasyhur dari Mesir pada abad ke-17. Kitab ini juga banyak diajarkan di banyak pesantren di Indonesia.

Rasulullah SAW bersabda: ”Ketika penghuni neraka berkumpul, di antara mereka terdapat beberapa orang yang juga ahli kiblat (muslim) juga—yang dikehendaki oleh Allah, sengaja untuk dimasukkan ke neraka terlebih dahulu sebelum nanti dimasukkan ke surga.”

Orang-orang yang berada di neraka itu bertanya kepada para ahli kiblat yang dimasukan ke neraka itu. ‘Bukankah kalian orang Islam?’

‘Ya, benar. Kami adalah muslim,’ jawab para ahli kiblat ini singkat.

Baca Juga: Kisah Masuk Surga karena Seekor Burung

 

‘Lalu, buat apa Islam kalian, jika toh kalian tetap bersama kami, di neraka jahanam ini?’ tanya salah seorang lagi di antara mereka.

Para ahli kiblat itu pun menjawab, ’Kami memiliki banyak dosa, sehingga Allah menghukum kami atas dosa-dosa yang kami perbuat. Menghukum kami untuk di tempat ini.”

Begitulah. Ternyata, ada orang-orang muslim (ahli kiblat) yang kelak juga akan dijebloskan oleh Allah ke neraka. Allah tetap murka, meskipun mereka ahli kiblat, atas perbuatan dosa yang telah diperbuat.

Setelah itu, Allah lantas mengangkat dan mengampuni mereka dengan kasih sayang-Nya. Para ahli kiblat ini diangkat dari neraka dan segera masuk ke surga-Nya. Wallahu’alam bisshowab.

Baca Juga: Kisah PSK Masuk Surga karena Menolong Seekor Anjing

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x