Kompas TV religi beranda islami

Bikin Takjub, Ini Cerita Humor Nasrudin Khoja Menipu Malaikat di Kuburan

Kompas.tv - 5 Januari 2022, 16:29 WIB
bikin-takjub-ini-cerita-humor-nasrudin-khoja-menipu-malaikat-di-kuburan
Suasana pekuburan al Mala di malam hari. Ini cerita seorang yang menipu malaikat di kuburan, bagaimana bisa? (Sumber: Agung Pribadi)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Orang ini menipu malaikat, tepat di kuburan dan mungkin akan membuat takjub sambil geleng-geleng kepala. Bagaimana dan siapakah sosok ini?

Orang ini ternyata bukan orang biasa. Ia merupakan seorang sufi yang sering didengar dan sosok terkenal dalam dunia Islam.

Sufi itu bernama Nasrudin Hoja atau terkenal dengan nama Nasredin Hoca, sufi terkenal dari Konya, Turki. Cerita ini termaktub dalam buku Humor Sufi II yang dikumpulkan Prof. Sapardi Djoko Damono.

Lantas, bagaimana cara sufi ini menipu malaikat?

Ketika seseorang sudah wafat dan ‘berada’ di kuburan, maka dalam riwayat dan kepercayaan Islam, ia akan berhadapan dengan malaikat Munkar-Nakir.

Duet malaikat ini bertugas untuk menanyai seseorang di alam kubur, terkait amal perbuatannya ketika di dunia. Entah itu perbuatan baik dan buruk. Intinya, dua malaikat ini yang nanti bertugas bertanya kepada manusia saat mati dalam kubur.

Itulah yang membuat Nasrudin berpikir keras. Bagaimana caranya menghindar dari mereka?

Akhirnya Nasrudin dapat ide cemerlang. Ia pun mengumpulkan keluarga besar.

Jadi, suatu hari ketika berkumpul dengan keluarga itu Nasrudin bilang kepada keluarganya sesuatu yang serius. Tapi, berhubung yang cerita adalah Nasrudin yang memang kerap bertingkah konyol dan gemar bercanda, maka keluarga awalnya tidak percaya.  

Baca Juga: Matahari dan Bulan Lebih Berguna Mana? Jawaban Sufi Ini Menyebalkan, tapi Lucu

Dalam sebuah pertemuan keluarga, tiba-tiba Nasrudin berdiri. Membuat para keluarga memalingkan muka kepada beliau.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x