Kompas TV religi beranda islami

Doa Usai Salat Duha beserta Teks Arab, Latin, dan Waktu Ideal untuk Melancarkan Rezeki

Kompas.tv - 4 November 2021, 08:47 WIB
doa-usai-salat-duha-beserta-teks-arab-latin-dan-waktu-ideal-untuk-melancarkan-rezeki
ilustrasi pagi. bisa juga diisi aktivitas salat duha dengan baca doa salat duha agar rezeki lancar (Sumber: Jonas Weckschmied @jweckschmied/Unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salat Duha adalah ibadah sunnah yang dianjurkan. Ibadah ini juga mampu melancarkan rezeki. Maka sebaiknya, jangan beranjak aktivitas dulu tapi panjatkan doa salat duha ini terlebih dahulu.

Tentang keberkahan salat Duha ini dikisahkan oleh Rasulullah dalam sebuah hadis Nabi. Bahkan salat Duha ini bisa menutupi ibadah-ibadah lain.

Dari sahabat Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda: ''Hendaklah masing-masingmu setiap pagi bersedekah untuk setiap ruas tulang badannya. Maka, tiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, melarang keburukan adalah sedekah, dan sebagai ganti dari semua itu, cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.'' (HR Ahmad, Muslim, dan Abu Daud).

Kapan waktu ideal salat dan doa salat Duha?

Waktu Salat Duha dimulai dari terbitnya matahari hingga waktu Zuhur. Kira-kira kalau dalam ukuran waktu, mulai pukul 07.00 sampai pukul 11.00. Waktu ideal ada di antara itu.

Salat Duha sendiri dikerjakan dua kali dengan satu salam. Secara jumlah bisa lebih dari dua kali.  Bisa 2 rakaat, 4 rakaat atau 8 rakaat. Setelah itu, baru membaca doa salat duha.  

Baca Juga: Baca Doa Banyak Rezeki yang Diajarkan Rasulullah Ini Saat Ekonomi Sulit

Teks Arab Doa Salat Duha

Tangkapan layar bacaan doa salat duha dalam bahasa arab (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks latin: ALLAHUMMA INNADDUHA’A DHUHA’UKA, WAL BAHA’A BAHAA’UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA WA’L ISMATA ISMATUKA

ALLAHUMMA INKAANA RIZQINI FISSAMA’I FA’ANZILHU  WAINKAANA FIL’ARDHI FA’AHRIJHU WAINKAANA MU’SIRON FAYASSIRHU WAINKAAN HAROMAN FATOHHIRHU WAIN KAAN BA’IDHAN FAQORIBHU

BIHAKKU DUHAAIKA WA BAHAAIKA WAJAMAALIKA  WA QUWWATIKA WA QUDROTIKA AATINI MAA ATAITA ‘IBAADIKASSHOLIHIN

Artinya, "Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu.

Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah. Jika sukar atau dipersulit (kudapat), mudahkanlah. Jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah.

Jika jauh, dekatkanlah dengan hak duha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh."

Semoga kita rutin Doa dan Salat Duha ya, dan rezeki kita mengalir lancar. Amin. Wallahu a'lam 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x