Kompas TV religi beranda islami

Dua Selawat yang Bisa Kamu Lantunkan di Malam Maulid Nabi Muhamad 1441 Hijriyah

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 16:22 WIB
dua-selawat-yang-bisa-kamu-lantunkan-di-malam-maulid-nabi-muhamad-1441-hijriyah
Ilustrasi datangnya bulan maulid, di bulan maulid 1443 Hijriyah yang jatuh malam ini bisa dengan baca selawat (Sumber: Simon Infanger / Unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua selawat ini bisa kamu lantunkan untuk turut serta menyemarakkan malam Maulid Nabi Muhammad 1443 Hijrah yang jatuh mulai malam ini, Senin 17 Oktober. Dua selawat ini juga memberi keberkahan bagi mereka yang gemar membacanya.

Kenapa malam? Hal ini berdasarkan kebiasan dalam tradisi masyarakat Indonesia yang kerap menyemarakkan acara pada malam hari sesuai dengan kalender Hijriah yang menggunakan perhitungan bulan. Rabiul Awal 12 Hijriah hari kelahiran Nabi jatuh pada tanggal 18 Oktober besok hari Selasa.

Terkait penjelasan terkait kalender Islam dan bulan sebagai acuan, anda juga bisa baca tautan di bawah ini:

Baca Juga: Rabiul Awwal 1443 H Jatuh Jumat 8 Oktober 2021, Bulan Istimewa di Kalender Islam

Nah, pada dasarnya selawat ini bisa mulai kamu lantunan sebenarnya dari kapan saja, tapi lebih baik diperbanyak ketika malam hari di Maulid. Ini sebagai upaya cinta kita dengan mengirimkan salam kepada baginda Nabi Muhammad, sosok yang membawa kedamaian dan kebagahagiaan bagi kita.

Berikut dua selawat yang bisa dilantunkan di malam Maulid Nabi

Pertama, Selawat Asyghil

Selawat Asyghil merupakan salah satu selawat yang paling populer. Apalagi, ketika Maulid Nabi seperti sekarang ini, Anda pasti akan lebih sering mendengarnya berkumandang di masjid, mushola maupun majelis taklim.

Berikut bacaan Selawat Asyghil, teks Arab latin dan artinya:

Teks arab selawat Nariyah (Sumber: dedik priyanto/kompas.tv)

Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad Wa’ashyghilldiz dzolimin bidzzholimin wa akhrijna min bainim saalimin wa’ala alihi washohbihi ajmain.

Artinya: Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zalim dengan orang zalim lainnya. Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan limpahkanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau.”

Kedua, Selawat Nariyah

Ini juga merupakan salah satu selawat yang paling populer dalam tradisi masyarakat di Indonesia. Selawat ini juga memiliki banyak keberkahan, bahkan dipercaya sebagai zikir untuk memperlancar rezeki dan juga keselamatan

Berikut bacaan selawat Nariyah teks arab, latin dan artinya: 

Teks arab selawat Nariyah (Sumber: dedik priyanto/kompas.tv)

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman, taamman 'alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurobu, wa tuqdhoo bihil hawaa-iju wa tunaalu bihir-roghoo-ibu.wa husnul khowaatiimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa 'alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi 'adadi kulli ma'luumin laka.

Artinya:

”Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW.  Semoga terurai segala penyakit, dengan berkahnya dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah.

Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan napas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau."

Itulah dua selawat yang bisa kamu lantunkan malam ini di malam Maulid Nabi 1443 Hijriah. Semoga keberkahan senantiasa melimpahi kita semua. Amin. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x