Kompas TV regional berita daerah

Kelurahan Sediakan Layanan Internet Gratis Untuk Sekolah Daring

Kompas.tv - 6 Agustus 2020, 17:37 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MALANG, KOMPAS.TV – Sebuah kantor kelurahan di Kota Malang, Jawa Timur, memberikan fasilitas internet gratis kepada siswa, yang kesulitan mendapatkan paket data dalam pembelajaran daring. Hal ini dilakukan untuk meringankan beban orangtua, yang terdampak pandemi Covid-19.

Sambungan internet gratis ini diberikan oleh Kantor Kelurahan Bandulan, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Beberapa siswa SD hingga SMA terlihat sibuk mengerjakan tugas sekolah di Aula Kelurahan dengan didampingi orangtua.

Lurah Bandulan, Dian Sonyalia, mengatakan bahwa fasilitas internet gratis diberikan setelah adanya keluhan orangtua, yang kesulitan membeli paket data internet karena alasan ekonomi.

Melihat hal tersebut, pihak kelurahan langsung memberikan sambungan internet, yang sebelumnya memang sudah disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang.

Baca Juga: Internet Gratis untuk Siswa Sekolah Daring

Layanan internet gratis dibuka mulai pukul 08.00 WIB. Untuk menghindari kerumunan, pihak kelurahan membatasi 2 jam pembelajaran untuk setiap 10 orang siswa dalam satu sesi. Para siswa dan orangtua juga wajib mematuhi protokol kesehatan.

Sejumlah orangtua siswa mengaku terbantu dengan adanya fasilitas internet gratis, yang disediakan oleh pihak Kelurahan Bandulan.

Salah satunya adalah Sunami, selama ini ia mengaku anaknya kesulitan mengikuti pelajaran sekolah. Karena paket data di ponsel pintar miliknya sangat sedikit dan terbatas. Ia tidak mampu membeli paket data yang banyak dan besar, karena mahal dan uang tidak mencukupi.  

Fasilitas internet gratis juga mendapat apresiasi dari Pemerintah setempat. Rencananya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang akan mengalokasikan Dana Bos untuk pembelian paket bagi siswa.

 

#KantorKelurahan #InternetGratis #SekolahDaring #Malang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x