Kompas TV regional berita daerah

Jasa Foto Keliling Wisata Di Era Perkembangan Teknologi

Kompas.tv - 20 Juli 2020, 19:46 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

SUKABUMI. KOMPAS.TV, - Inilah Murodin, warga Desa Cikakak Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi. Sehari harinya Murodin berkeliling pantai pelabuhan ratu  untuk menawarkan jasa foto keliling kepada wisatawan yang bermain dipantai. Ia berjalan kiloan meter menyusuri pantai untuk menawarkan jasa foto cetak instan kepada para wisatawan.

Sudah hampir 35 tahun profesi ini ia jalani untuk mencari nafkah menghidupi keluarganya, namun seiring perkembangan jaman pelan pelan jasa pekerjaan dan penhasilan murodin terkikis oleh perkembangan teknologi.

Jika dulu ia sangat mudah menawakan jasa foto kepada wisatawan namun sekarang sulit karena setiap wisatawan memegang handphone untuk berselfie ria.

Dulu Morodin dalam sehari bisa menjual jasanya dengan menghabiskan 3 set kertas foto yang satu set nya berisi 54 lembar namun kini satu setpun tidak habis hanya 30 persennya ia bisa jual.

Saat ini iapun banting harga yang sebelumnya 25 ribu dijual tanpa ada tawar menawar dari pembeli namun kini 15 ribupun ia kesusahan menjualnya.

Murodin adalah salah satu contoh dari sekian banyak penjual jasa foto keliling yang bertahan di jaman digital. Kisahnyapun bisa dijadikan inspirasi buat kita untuk tidak putus asa dalam mempertahankan sulitnya kehidupan.

Untuk lebih tahu berita ter-update seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah .

IG : https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube : https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter : https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook : https://www.Facebook.com/kompastvjabar/



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x