Kompas TV regional berita daerah

Bertambah 109, Positif Corona di Kalsel Capai 1142 Kasus

Kompas.tv - 4 Juni 2020, 21:56 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Jumlah kasus terkonfirmasi positif corona di Kalimantan Selatan kembali tinggi, hari ini (4/6/2020) penambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif corona mencapai 109 kasus. 

Jumlah kasus terkonfirmasi positif corona yang terjadi di Kalimantan Selatan hingga kamis 4 juni 2020 mencapai 1142 kasus, dengan 93 kasus kematian dan 101 kasus dinyatakan sembuh dari virus corona.

Juru bicara Gugus Tugas percepatan Penanganan COVID 19 Provinsi Kalimantan M Muslim mengungkapkan penambahan 109 kasus positif corona di Kalimantan selatan merupakan hasil dari specimen tanggal 23 mei 2020 dan baru diumumkan hari ini.

Dari 109 kasus terkonfirmasi positif corona tersebut 98 kasus meurpakan hasil tracing di pasar dan puskesmas di kota Banjarmasin, 2 kasus dari hasil tracing di kabupaten hulu sungai utara dan 1 kasus dari kabupaten hulu sungai utara dan 1 kasus dari kabuapten tanah bumbu. Sementara 8 kasus positif lainnya berasal dari rumah sakit Ulin, rumah sakit Ciputra dan dari tempat karantina khusus di kota Banjarbaru.

Sejauh ini Gugus Tugas percepatan Penanganan COVID 19 Provinsi Kalimantan Selatan sudah melakukan pengambilan spesimen swab sebanyak 7782 spesimen. Dari jumlah spesimen yang diambll baru 4959 spesimen yang sudah diperiksa.

Dari jumlah 1142 kasus terkonfirmasi positif corona, diakui muslim merupakan hasil tracing  gugus tugas perepatan penanganan covid 19 di seluruh kabupaten kota di Kalimantan selatan. tetap jaga jarak, menggunakan masker, jaga kebersihan dan cuci tangan merupakan hal penting untuk menghindari penyebaran virus corona tegas muslim.

Berikut adalah jumlah terkonfirmasi positif virus corona di provinsi Kalimantan selatan hingga hari ini kamis (4/6/2020)

Kota Banjarmasin sebanyak 580 kasus 

Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 134 kasus

Kota Banjarbaru sebanyak 63 kasus

Kabuapten Hulu Sungai Utara sebanyak  7 kasu

Kabuapaten Banjar sebanyak 116 kasus

Kabupaten Barito Kuala sebanyak 87 kasus

Kabupaten Tanah bumbu sebanyak 81 kasus 

Kabupaetn Tapin sebanyak 41 Kasus

Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebanyak 3 kasus

Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebanyak  8 kasus

Kabupaten Balangan sebanyak 3 kasus

Kabupaten Tabalong sebanyak 8 kasus

Kabupaten Kota Baru sebanyak 10

Kalimantan selatan masuk dalam tiga provinsi yang menjadi perhatian serius presiden Joko Widodo terkait perkembangan kasus covid-19.

Pada rapat terbatas, kamis (4/6/2020). Presiden Jokowi menyoroti kasus corona yang masih tinggi di tiga provinsi, yaitu Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

Presiden meminta agar tiga provinsi termasuk Kalimantan Selatan segera mengendalikan penyebaran covid-19 dengan konsentrasi dari Gugus Tugas, Kementerian dan TNI-Polri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x