Kompas TV regional berita daerah

Jeli Empon-empon 3 Dimensi Tingkatkan Imun Tubuh

Kompas.tv - 17 Mei 2020, 12:19 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Bagi anda yang bosan minum jamu karena pahit, tak perlu lagi cemas. Pasalnya, di Kabupaten Jember Jawa Timur ada jeli manis, yang dicampur dengan tumbuhan rimpang atau empon-empon.  Jeli empon-empon ini pun cocok dkonsumi untuk kesehatan, karena dapat meningkatkan imun tubuh.

Adalah Emsho, pemuda asal Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember, yang mengkreasikan jeli dengan ramuan empon-empon. Adapun Empon-empon yang digunakan adalah kunyit, jahe, lemon, serai dan temu lawak.

Empon-empon yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan bubuk jeli, agar-agar, gula, pewarna buah alami dan susu.

Agar terlihat lebih cantik, Emsho mengkreasikan jeli empon-empon dengan seni tiga dimensi. Cara membuatnya diawali dengan menyiapkan puding kaca atau puding bening, yang terbuat dari campuran air, bubuk jeli, agar-agar, gula dan empon-empon.

Selanjutnya jeli hangat bercampur susu dan pewarna buah disuntikan ke dalam puding bening, yang sudah didinginkan. Teknik penyuntikan dilakukan dengan mengisi rongga jeli, yang sudah dibentuk dengan tusukan jarum.

Adapun bentuk jarum bermacam-macam, ada yang berupa kelopak, putik, mahkota bunga daun hingga rangkaian huruf Alpabet. Hasil suntikan inilah yang membentuk bunga maupun tulisan begitu nyata dalam jeli bening.

Jeli empon-empon 3 dimensi sangat cocok dikonsumsi oleh semua kalangan, tertutama anak-anak dan orang lanjut usia. Karena kandungan vitamin dan anti bakteri dalam tumbuhan rimpang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Ide pembuatan jeli empon-empon 3 dimensi berawal dari banyaknya permintaan pelanggan yang menginginkan makanan yang sehat dan digemari oleh semua kalangan. 

Jeli empon-empon 3 dimensi dijual dengan harga bervariasi mulai dari harag Rp. 15.000 hingga Rp.300.000, tergantung ukuran dan kerumitan bentuk tiga dimensinya.

Bagi anda yang penasaran, bisa pesan langsung secara online atau datang langsung di rumah produksinya di Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Jawa Timur.

#Jeli3Dimensi #EmponEmpon #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x