Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Info Arus Balik Lebaran 2024, Volume Kendaraan di jalur Ajibarang-Brebes Masih Tinggi

Kompas.tv - 15 April 2024, 17:44 WIB
info-arus-balik-lebaran-2024-volume-kendaraan-di-jalur-ajibarang-brebes-masih-tinggi
Petugas gabungan berlakukan sistem buka tutup di Simpang SPBU Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Senin (15/4/2024) sore, bagi arus milir dari arah jalur tengah dan jalur selatan Jawa Tengah yang hendak menuju Jakarta melalui jalur Ajibarang Brebes. (Sumber: ANTARA/Sumarwoto)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Info arus balik lebaran 2024 hari ini Senin (15/4) menurut Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Banyumas, Komisaris Polisi (Kompol) Galuh Pandu Pandega Ferdiansyah, arus kendaraan yang melintas dari Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menuju Tol Pejagan di Kabupaten Brebes masih tergolong tinggi.

"Namun kepadatan arus kendaraan yang terjadi siang hingga sore ini tidak sepadat hari kemarin," kata Kompol Galuh di Pos Terpadu Operasi Ketupat Candi 2024 Ajibarang, Senin sore.

Dia mengimbau para pemudik yang hendak menuju Jakarta melalui Tol Pejagan dari jalur selatan maupun jalur tengah Jawa Tengah untuk memilih rute alternatif melalui Tol Pemalang lewat Purbalingga.

Bagi yang datang dari Yogyakarta melalui jalur selatan, setibanya di Simpang Buntu, disarankan untuk berbelok kanan menuju Sokaraja dan selanjutnya ke arah Purbalingga.

Sementara itu, para pemudik dari arah tengah Jawa Tengah, setibanya di Simpang Klampok, dapat memilih berbelok ke kanan menuju Purbalingga dan kemudian ke arah Pemalang.

Tak hanya itu, bagi pemudik dari Yogyakarta yang hendak menuju Jakarta, mereka juga bisa tetap menggunakan jalur selatan Jawa Tengah dan melanjutkan perjalanan ke Bandung melalui Wangon, Lumbir, Karangpucung, Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, dan Nagreg.

Baca Juga: Polisi Ungkap Alasan One Way Diperpanjang di Sejumlah Tol Transjawa saat Arus Balik

Kompol Galuh juga menekankan agar para pemudik yang mengalami keterlambatan di jalur Ajibarang-Brebes tetap waspada dan hati-hati, mengingat kondisi jalan yang berliku serta cuaca yang mendung dan sempat turun hujan.

Mengenai puncak arus mudik di Ajibarang, Kasatlantas memperkirakan bahwa hal itu telah terjadi pada H+3 Lebaran 2024, yakni pada Minggu (14/4).

Volume kendaraan yang melewati jalan penghubung jalur selatan dan jalur tengah dengan jalur pantura Brebes mencapai 58.119 unit, dengan 29.043 kendaraan memasuki wilayah Banyumas dan 29.076 kendaraan keluar dari wilayah tersebut. 

Meskipun terjadi penurunan sebesar 13 persen untuk kendaraan masuk dan 11 persen untuk kendaraan keluar dibandingkan dengan hari sebelumnya, tetap dibutuhkan kewaspadaan ekstra di jalur tersebut.

"Jika dibandingkan dengan hari sebelumnya, jumlah kendaraan yang masuk wilayah Banyumas itu menujukkan penurunan 13 persen, sedangkan yang keluar turun 11 persen. Komposisi kendaraan terdiri atas sepeda motor 71 persen, mobil 27 persen, dan bus serta truk 2 persen," kata Kasatlantas dikutip dari Antara.

Di Pos Terpadu Ajibarang, Senin sore, terpantau bahwa arus mudik di jalur Ajibarang-Brebes sedikit tersendat. 

Sehingga personel Polresta Banyumas dan Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas menerapkan sistem buka-tutup bagi arus lalu lintas dari arah jalur selatan maupun jalur tengah yang menuju Tol Pejagan atau jalur pantura.

Baca Juga: Lengkap! Keterangan Menhub, Menko PMK, Kapolri, hingga Panglima TNI Soal Puncak Arus Balik



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x