Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Budidaya Anggrek, Peluang Usaha yang Masih Menjanjikan

Kompas.tv - 15 April 2024, 10:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Usaha tanaman hias memang tidak ada matinya, khususnya untuk tanaman anggrek. Seolah tak lekang oleh waktu, hingga kini tanaman anggrek masih menjadi salah satu primadona di kalangan pecinta tanaman hias. Dari hobi menanam anggrek, sejumlah pecinta tanaman hias di Kota Semarang berhasil memiliki usaha budidaya tanaman anggrek.

Meski terlihat sederhana, usaha tanaman anggrek dari rumah merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan mendatangkan cuan. Memiliki banyak jenis dan berbagai macam warna kelopak yang cantik, tidak heran anggrek masih menjadi incaran pecinta tanaman hias.

Bahkan tak jarang, tanaman anggrek digunakan diberbagai acara atau hanya sekadar sebagai dekorasi rumah minimalis. Melihat peluang tersebut, sangat masuk akal jika banyak pecinta tanaman hias yang memulai usaha budidaya bunga anggrek.

“Jadi kebiasaan juga berinteraksi dengan banyak tanaman. Anggrek itu variannya luas terus kalau melihat pasar, kata orang anggrek itu stabil harganya. Itu ketertarikan sendiri ya kalau kita berbisnis, apalagi para pemain atau growernya masih sedikit. Di Indonesia saja, kebutuhan setiap bulan tanaman anggrek terutama anggrek bulan, kisaran 1 juta tanaman,” tutur Abdul Rozaq, pemilik Oemah Kembang Bukit Unggul.

Sementara itu, Suryati, pemilik Taman Bunga Anggrek Sutikno di Kelurahan Tambangan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang mengaku bunga anggrek yang paling diburu pecinta tanaman hias adalah jenis anggrek bulan, dendrobium dan vanda, sebab dinilai memiliki bunga yang paling indah dibandingkan lainnya.

“Yang paling banyak dicari itu vanda, dendro dan bulan sama-sama stabil penggemarnya,” ucap Suryati.

Harga tanaman anggrek pun dikenal cukup mahal dan menjadi salah satu tanaman hias kelas atas. Bahkan beberapa jenisnya memiliki nilai harga yang fantastis. Cara merawatnya pun juga tidak terlalu sulit. Ada banyak panduan atau instruksi yang bisa dipelajari agar tanaman anggrek tumbuh dengan baik.

Selain tanaman anggrek yang sudah berbunga, bibit tanamannya juga bisa dijual. Walaupun budidaya tanaman anggrek ini dilakukan di rumah, namun bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang luar biasa jika ditelateni dengan baik.

#budidayaanggrek #anggrek #tanamanhias

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x