Kompas TV regional sumatra

Puncak Arus Balik di Bakauheni, Polda Lampung Siapkan 4 Titik Parkir Sentral

Kompas.tv - 14 April 2024, 06:05 WIB
puncak-arus-balik-di-bakauheni-polda-lampung-siapkan-4-titik-parkir-sentral
Ilustrasi. Polda Lampung bersama pihak terkait menyiagakan empat titik area parkir khusus atau buffer zone untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan pada puncak arus balik Lebaran, pada 13-14 April 2024 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. (Sumber: Kemenhub)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

LAMPUNG, KOMPAS.TV- Polda Lampung bersama pihak terkait menyiagakan empat titik area parkir khusus atau buffer zone.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan pada puncak arus balik Lebaran, pada 13-14 April 2024 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Langkah tersebut disiapkan sebagai sistem tunda (delaying system) yang akan dijalankan apabila terjadi kepadatan kendaraan pada puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni.

"Empat buffer zone atau central parkir kami siagakan di jalur lintas tengah lintas timur (yang menuju Pelabuhan Bakauheni)," kata Kapolda Lampung, Irjen Helmy Santika kepada wartawan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (13/4/2024). 

Selain buffer zone, Polda Lampung juga menyediakan lima titik rest area yang tersebar pada jalur menuju pelabuhan untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Baca Juga: ASDP Imbau Penumpang Datang ke Pelabuhan Sesuai Jadwal Tiket, Sistem Kedaluwarsa Sudah Dihapus

Buffer zone dan rest area arah Bakauheni itu ada di Rest Area KM 87B, KM 67B, KM 49B, KM 33B, KM 20B, Jalur Arteri Gayam, Kantor Lama Balai Karantian Pertanian, dan RM Gunung Jati. 

Daya tampung pada rest area yang disiagakan mencapai 1.200 unit kendaraan, sedangkan buffer zone dapat menampung 360 unit kendaraan.

"Sehingga kalau dijumlahkan maka terdapat 1.560 kendaraan yang bisa kami belokkan ke tempat-tempat tersebut," ujarnya seperti dikutip dari Antara. 

Apabila pada puncak arus balik, antrean kendaraan semakin panjang hingga 4 kilometer dari gerbang pelabuhan, maka buffer zone dan rest area langsung diaktifkan.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x