Kompas TV regional jawa tengah dan diy

BMKG Minta Pemudik Sepeda Motor Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah

Kompas.tv - 7 April 2024, 13:00 WIB
bmkg-minta-pemudik-sepeda-motor-waspadai-potensi-cuaca-ekstrem-di-jawa-tengah
Ilustrasi. cuaca ekstrem. Para pemudik, khususnya yang mengendarai sepeda motor diimbau untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di Jawa Tengah (Jateng).  (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

CILACAP, KOMPAS.TV - Para pemudik, khususnya yang mengendarai sepeda motor diimbau untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di Jawa Tengah (Jateng).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Jawa Tengah, pada Senin (8/4/2024) besok.

"Wilayah Jateng yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem pada hari Senin (8/4) meliputi Kabupaten Cilacap, Boyolali, Pemalang, dan sekitarnya," kata Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo, dalam keterangannya, Minggu (7/4).

Menurut penjelasannya, cuaca ekstrem itu dipicu oleh pola belokan angin dan konvergensi yang terlihat dominan untuk wilayah Pulau Jawa, serta labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah.

Sementara terkait prakiraan cuaca di jalur mudik wilayah Jateng, ia mengatakan secara umum pada hari ini, Minggu (7/4) diprakirakan dalam kondisi cerah berawan.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, BMKG Tetapkan 13 Daerah Berstatus Siaga dan Waspada

Jateng Masuk Pancaroba

Teguh menyebut wilayah Jateng saat ini telah memasuki masa pancaroba atau peralihan dari musim hujan menuju kemarau.

Menurut penjelasannya, pada masa pancaroba, hujan masih berpotensi terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang yang kadang disertai petir.

"Waktu terjadinya hujan di wilayah pesisir selatan Jateng cenderung pada malam dan pagi hari, sedangkan di wilayah yang lebih ke utara atau jauh dari pesisir cenderung pada siang hingga sore hari," jelasnya, dikutip dari Antara.

Ia pun menyebut terdapat beberapa hal yang perlu diwaspadai pada masa peralihan musim.

Di antaranya kejadian hujan lebat durasi singkat, petir, dan angin kencang, atau kombinasi dari ketiga hal tersebut, seperti hujan lebat disertai petir, hujan lebat disertai angin kencang atau puting beliung, serta hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Baca Juga: Pemudik Waspada, BMKG Sebut 29 Provinsi Ini Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Hari Ini


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x