Kompas TV nasional peristiwa

Pemudik Waspada, BMKG Sebut 29 Provinsi Ini Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Hari Ini

Kompas.tv - 7 April 2024, 07:48 WIB
pemudik-waspada-bmkg-sebut-29-provinsi-ini-berpotensi-diguyur-hujan-lebat-hari-ini
Foto ilustrasi hujan lebat. BMKG mengimbau pemudik untuk waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat di sejumlah titik di 29 provinsi Indonesia pada hari ini, Minggu (7/4/2024). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau pemudik untuk waspada adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat di sejumlah titik di 29 provinsi Indonesia pada hari ini, Minggu (7/4/2024).

Adapun rincian 29 provinsi yang diguyur hujan dengan intensitas lebat yakni di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Berikutnya, ada pula Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara.

Hujan berintensitas lebat juga diprakirakan akan terjadi di  Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Selain hujan lebat, BMKG juga mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi angin kencang di sejumlah wilayah.

Dikutip dari Antara, wilayah tersebut yakni Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Selanjutnya, BMKG juga memasukkan sejumlah wilayah dalam kategori waspada dampak hujan lebat, seperti banjir.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG: Angin Kencang hingga Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi sampai 11 April

Wilayah itu meliputi Provinsi Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Lalu Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Peringatan dini cuaca ekstrem saat Idulfitri

BMKG sebelumnya telah memberikan peringatan dini terkait prakiraan cuaca pada periode Idulfitri 1445 H atau Lebaran 2024.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa terdapat potensi terjangan angin kencang, kilat, petir, hujan lebat hingga gelombang tinggi di berbagai wilayah Indonesia sampai dengan 11 April 2024.

“Dalam menuju 11 April ini ada variasi yaitu pada 4-7 April diprediksi ada wilayah yang mengalami angin kencang, gelombang tinggi, kilat, dan petir,” kata Dwikorita dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (4/4) pekan lalu.

Menurut penjelasannya, potensi angin kencang, kilat, petir, hujan lebat, dan gelombang tinggi disebabkan oleh beberapa fenomena.

Diantaranya,fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) atau kumpulan awan hujan yang mulai melintasi kepulauan di Indonesia. 

Selain MJO, terdapat juga fenomena gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuator, serta peningkatan suhu permukaan air di Kepulauan Indonesia.

Baca Juga: Ramai Isu Gerhana Matahari 8 April 2024 Bikin Bumi Gelap 3 Hari, Ini Kata BMKG


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x