Kompas TV regional berita daerah
advertorial

PLN UID S2JB Nyalakan Listrik Desa Sukamaju dan Desa Tenggulang Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin

Kompas.tv - 5 April 2024, 17:42 WIB
pln-uid-s2jb-nyalakan-listrik-desa-sukamaju-dan-desa-tenggulang-jaya-kabupaten-musi-banyuasin
Proses pembangunan jaringan yang dikebut selama 5 hari tersebut menjadi aksi nyata dari kesepakatan antara PLN UID S2JB dan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. (Sumber: Humas PLN UID S2JB)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV- Bertepatan dengan Bulan Ramadhan 1445 H, PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) membangun jaringan listrik sepanjang 2,4 kms guna memenuhi kebutuhan listrik warga Desa Sukamaju dan Desa Tenggulang Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin. Proses pembangunan jaringan yang dikebut selama 5 hari tersebut menjadi aksi nyata dari kesepakatan antara PLN UID S2JB dan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin yang telah melakukan komunikasi intensif.

Sebelumnya, Desa Sukamaju dan Desa Tenggulang Jaya bergantung pada layanan listrik PT Muba Electric Power (MEP). Namun, dengan semangat untuk memberikan layanan yang lebih baik sesuai aspirasi masyarakat, PLN berhasil melakukan pembangunan jaringan untuk masyarakat yang ingin menggunakan listrik PLN di daerah tersebut.

“Peralihan ini tidaklah mudah, dan kami sangat mengapresiasi kesabaran serta semangat partisipasi yang ditunjukkan oleh seluruh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, mohon support warga juga jika nanti pada pelaksanaan pembangunan jaringan ada pohon warga yang melintas di jaringan”, kata EVP Penjualan & Pelayanan Pelanggan Enterprise, Nayus Rizal pada sambutannya di Desa Tenggulang.

Beralih ke Desa Sukamaju, sebagai lokasi penyalaan pelanggan perdana, General Manager PLN UID S2JB melaporkan kepada PJ Gubernur Sumatera Selatan bahwa PLN siap mendukung pemerintah dan berkomitmen membawa terang bagi masyarakat Musi Banyuasin yang sebelumnya dilayani PT MEP.

"Kami berkomitmen untuk terus mempercepat layanan kami agar dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat Musi Banyuasin. Kami mendengar dengan jelas aspirasi hampir seluruh warga desa untuk beralih ke PLN. Beberapa kali agenda rapat dilakukan pemerintah daerah dan PLN, Kami mengerti bahwa ada kendala, mulai dari proses penyambungan hingga administrasi "ujar Adhi

Adhi melaporkan bahwa jaringan listrik yang dibangun tersebut akan menyuplai listrik bagi 860 kepala keluarga di Babat Supat Musi Banyuasin yaitu menyuplai warga dusun tenggulang sebanyak 216 KK, dusun rawa 10 sukamaju sebanyak 170 KK, dan Dusun Rawa 3 sebanyak 90 KK. Jadi totalnya ada 860 KK.

Imran Kepala Dusun Sukamaju Babat Supat yang menjadi lokasi penyalaan perdana mengatakan bahwa warga desa sangat menunggu kehadiran PLN untuk mendapatkan layanan kelistrikan yang lebih terjangkau.

“Hampir seluruh warga desa ingin sekali beralih ke PLN. Ingin bisa menikmati listrik sesuai tarif yang lebih terjangkau dan tidak byar pet menjadi alasan kami untuk jadi pelanggan PLN” ucap Imran

Sementara itu, PJ Gubernur Sumsel, DR. Drs. Agus Fatoni, M.Si mengapresiasi seluruh unsur yang terlibat dalam kesukseskan pembangunan jaringan listrik PLN ini.

"Alhamdulillah berkat perjuangan panjang dan berat dilakukan selama ini kita bisa berhasil merealisasikan keinginan masyarakat, kepada warga babat supat musi banyuasin, semoga dengan adanya listrik dari PLN, bapak-ibu bisa lebih produktif, anak-anak bisa belajar dan nyaman beribadah” pungkas Fatoni.

Sementara itu, Pj Bupati Apriyadi Mahmud mengaku sangat senang bisa menuntaskan persoalan peralihan listrik PT MEP ke PLN. "Alhamdulillah akhirnya tuntas peralihan listrik MEP ke PLN, ini tentunya berkat kerja keras OPD serta stakeholder terkait di Pemkab Muba serta support warga Muba," ujar Putra Daerah Asli Muba dari Desa Bumi Kecamatan Lawang Wetan itu.

 



Sumber : KompasTV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x