Kompas TV regional banten

Jelang Puncak Arus Mudik Lebaran 2024, KSOP Banten Simulasikan Keselamatan Pelayaran

Kompas.tv - 5 April 2024, 00:14 WIB
jelang-puncak-arus-mudik-lebaran-2024-ksop-banten-simulasikan-keselamatan-pelayaran
KSOP Kelas I Banten bersama Tim SAR Provinsi Banten dan Lanal Banten melakukan Simulasi Man Over Boat (MOB) atau biasa disebut dengan penyelamatan penumpang yang tercebur ke laut. (Sumber: Kompas TV/Suherdi)
Penulis : Deni Muliya

CILEGON, KOMPAS.TV – Menjelang Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 KSOP Kelas I Banten bersama Tim SAR Provinsi Banten dan Lanal Banten melakukan Simulasi Man Over Boat (MOB) atau biasa disebut dengan penyelamatan penumpang yang tercebur ke laut.

Baca Juga: Kepala Kantor KSOP Banten: Kita juga Harus Ceria, sesuai Tagline dan Motto Mudik Tahun ini

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari pada hari Selasa 2 April 2024 dengan tujuan meningkatkan kesiapsiagaan seluruh personil yang bertugas dalam pelaksanaan Angkutan Lebaran 2024.

"Simulasi ini  wujud nyata sosialisasi keselamatan pelayaran dan kesiapsiagaan kita untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pemudik di lintas perairan Merak-Bakauheni” ujar Kepala Kantor KSOP Kelas I Banten, Brigjen Pol Capt. Hermanta, MH, MM, M.Mar saat memantau pelaksanaan simulasi dengan skenario 2 penumpang kapal tercebur ke laut, dan diselamatkan tim SAR gabungan dengan kapal penyelamat pada Rabu (3/4/2024)

Dalam mendukung pelaksanaan Angkutan Lebaran 2024, KSOP Kelas I Banten mengerahkan Kapal Patroli KNP 333, KNP 373 dan KNP 530.

Hal itu untuk melakukan patroli rutin dan patroli bersama dengan Basarnas, Polairud, TNI AL serta KKP Kelas II Banten di wilayah perairan  Merak, Bojonegara dan Anyer.

Baca Juga: Golkar Siapkan Airin untuk Pilgub Banten usai Sukses di Pileg 2024

Tujuannya tentu untuk memastikan wilayah perairan yang dilintasi pemudik melalui kapal dalam kondisi aman dan tidak ada gangguan.

KSOP Banten memprediksi Puncak Arus Mudik akan terjadi pada tanggal 6 April sampai dengan 8 April 2024, bertepatan Cuti Bersama libur Idul Fitri 2024 dan Prediksi Puncak Arus Balik akan terjadi pada tanggal 13 April sampai dengan 15 April 2024.

"Sesuai dengan arahan Bapak Dirjen Hubla, kami mengimbau kepada masyarakat membeli tiket secara online serta mematuhi peraturan dan arahan petugas di lapangan agar perjalanan mudik menjadi aman, selamat dan nyaman" ungkapnya.

Ia berpesan agar para pemudik dengan kapal datang ke pelabuhan mendekati hari H keberangkatan kapal, tidak membawa barang berlebihan, tidak memaksakan diri naik ke atas kapal jika kapal sudah penuh dan selalu mengikuti petunjuk petugas di pelabuhan dan di atas kapal.

Tidak hanya itu, imbauan juga untuk para petugas di lapangan termasuk Anak Buah Kapal.

Baca Juga: PT BCA Finance Buka Lowongan Kerja Penempatan di Cilegon Banten, Begini Syaratnya

Yakni untuk selalu mengutamakan keselamatan, keamanan, kenyamanan penumpang, selalu memonitor kondisi cuaca yang dikeluarkan BMKG, serta memastikan ketertiban dan kelancaran arus penumpang yang ada di pelabuhan dan yang akan naik ke kapal agar mudik tahun 2024 ini menjadi Mudik Ceria Penuh Makna.

 “Kita akan terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk saudara-saudara kita yang akan mudik, karena keceriaan saudara kita adalah tanggung jawab kita" tutupnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x