Kompas TV nasional politik

Golkar Siapkan Airin untuk Pilgub Banten usai Sukses di Pileg 2024

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 23:05 WIB
golkar-siapkan-airin-untuk-pilgub-banten-usai-sukses-di-pileg-2024
Airin Rachmi Diani ketika didoakan jadi Gubernur DKI Jakarta untuk menggantikan Anies Baswedan. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peluang mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany maju di Pilkada 2024 semakin mantap setelah memperoleh suara yang tinggi dalam Pileg 2024. 

Di Pileg DPR RI, Airin mendapat 302.878 suara. Perolehan itu membuat nama Airin berada di peringkat pertama caleg dengan suara tertinggi di Dapil Banten III. 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menjelaskan, hasil Pileg 2024 telah membuktikan dukungan masyarakat sangat tinggi kepada Airin. 

Meski hanya di tingkat Dapil Banten III yang meliputi kawasan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, DPP Partai Golkar tidak ragu untuk mendorong Airin maju di Pilgub Banten. 

Doli menjelaskan, sejak awal Airin memang sudah masuk daftar calon yang akan maju dalam Pilkada Serentak 2024. Golkar memasukkan nama Airin untuk Pilgub Banten. 

Baca Juga: Golkar Siapkan Ridwan Kamil, Airin hingga Khofifah untuk Pilkada 2024

"Khusus untuk Banten, Bu Airin sejak awal kita memang proyeksikan menjadi cagub di Banten. Apalagi, sekarang kita sudah sama-sama ketahui Bu Airin sukses menambah kursi Golkar di Banten III," ujar Doli di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (21/3/2024).

"Saya kira beliau ini cukup kuat untuk maju menjadi cagub di Banten nanti," sambungnya. 

Doli menambahkan, DPP Partai Golkar sudah siap memajukan semua kader terbaiknya di Pilkada Serentak 2024.

Menurut catatannya, sampai saat ini ada sekitar 1.050 kader akan diuji di internal partai untuk mengikuti pertarungan cagub, cawali kota dan bupati.

"Kita sedang inventarisir kader-kader kami yang ingin maju. Sekarang sedang masuk tahap evaluasi kedua. Semoga kader-kader terbaik kami bisa lolos sebagai pemenang di Pilkada 2024 besok," ujar Doli. 

Baca Juga: MK Tolak Gugatan 13 Kepala Daerah yang Minta Pilkada Diundur Jadi 2025

Selain Airin, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga masuk kandidat cagub dari Golkar.

Menurut Doli, DPP Golkar sedang mempertimbangkan Ridwan maju dalam Pilgub DKI Jakarta atau Pilgub Jawa Barat. 

"Kami akan melihat Saudara Ridwan Kamil saat ini kami kasih dua surat tugas, satu di DKI Jakarta dan di Jabar. Tentu kami akan lihat, mana peluang yang paling menang," ujar Doli. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x