Kompas TV regional sulawesi

Perajin Sarung Tradisional Batik Lontara Banjir Pesanan

Kompas.tv - 1 April 2024, 16:33 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Perajin sarung motif tradisional batik lontara di kota Makassar banjir pesanan. Ribuan lembar sarung terjual bahkan pesanan masih terus masuk melalui aplikasi penjualan online dan reseller.

Galery sarung hasmiati di jalan dg tata makassar setiap harinya sibuk melayani pesanan dari aplikasi belanja online. Bahkan sebelum ramadan tiba ribuan sarung aksara lontara sudah dipesan dan dikirim ke berbagai kota di indonesia.

Hingga pekan kedua ramadan sebanyak 3000 lembar sarung laku terjual. Hasmiati mencatat penjualan sarung di bulan ramadan tahun ini meningkat 60 persen dari tahun sebelumnya. Kain yang lembut dan kuat khas kajang dan keindahan motif aksara lontara dan toraja membuat sarung wanua panrita diminati khususnya warga perantau sulsel di berbagai kota.

Satu lembar sarung dijual dengan harga bervariasi mulai 95 ribu rupiah tergantung motif dan jenis kain. Pengiriman sarung lontara kini tersebar di pulau kalimantan jawa hingga papua. Selain mengenalkan huruf lontara dan tenun tradisional toraja hasmiati berharap produksi sarung miliknya makin banyak peminat.


#sarunglontara
#UMKM
#tradisionalmakassar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x