Kompas TV regional berita daerah

Masjid Tertua Dan Terbesar Di Kota Sukabumi Dengan Sejarah Mendalam

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 14:45 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Masjid Agung Kota Sukabumi merupakan Masjid tertua dan terbesar yang ada di Kota Sukabumi, dahulunya Masjid ini bernama Masjid Kaum karena secara administratif Masjid Agung terletak di Jalan Ahmad Yani dan masuk dalam Wilayah Kampung Kaum, Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Masjid yang berdiri di tanah wakaf ini di dirikan pada Abad ke-19, yang awal mulanya Masjid ini berbentuk Masjid kecil (Musala). Konon dengan bantuan para Ulama, Masjid ini menjadi tempat berkumpulnya para pejuang dalam berlatih dan merancang strategi melawan Tentara sekutu. Tahun demi Tahun berganti, Masjid Agung pun kehilangan bentuk aslinya, setidaknya sejarah mencatat, Masjid Agung telah melewati Enam kali pemugaran.

Kemewahan Masjid ini terlihat ketika memasuki halaman utama, terdapat 99 kaligrafi asmaul husna menempel di Delapan tiang menyerupai bangunan piramida yang terletak di depan gerbang utama. Bagian paling menarik dan menjadi ciri khas Masjid Agung Sukabumi ini adalah adanya perpaduan inovasi arstikektur pada atap Masjid dengan berbentuk kubah bergaya Timur Tengah, kemudian kujang sebagai identitas Suku Sunda yang terdapat pada pegangan pintu dan bagian puncak menara. Halaman Masjid Agung yang sangat luas pun menambah kapasitas dan kenyamanan bagi jemaah yang datang ditambah lagi halaman sisi kanan dan kiri Masjid terdapat kolam ikan.

Memasuki Bulan Suci Ramadan, berbeda dari Dua Tahun sebelumnya di Masjid Agung Kota Sukabumi ini akan dipadatkan dengan beragam kegiatan islamiyah, mulai dari kegiatan keagamaan hingga seminar kepemudaan, hal ini bertujuan.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x