Kompas TV regional sumatra

Gempa M 5,3 Guncang Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar, Getaran Terasa hingga Padang

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 16:36 WIB
gempa-m-5-3-guncang-kabupaten-pesisir-selatan-sumbar-getaran-terasa-hingga-padang
Ilustrasi gempa bumi. Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 5,3 mengguncang wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rabu (20/3/2024), sore, getaran terasa hingga Padang. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 5,3 mengguncang wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (20/3/2024), sore.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun X resminya mencatat, gempa terjadi pada pukul 15.24 WIB.

Gempa tersebut berpusat pada koordinat 2,09 Lintang Selatan (LS) dan 100,44 Bujur Timur (BT).

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 kilometer barat daya Pesisir Selatan, pada kedalaman 21.

BMKG melaporkan gempa pada itu terasa dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) II - III Mukomuko, II Padang, II-III Pesisir Selatan.

"#Gempa (UPDATE) Mag:5.3, 20-Mar-24 15:24:57 WIB, Lok:2.09 LS, 100.44 BT (Pusat gempa berada di laut 83 km Barat Daya Pesisir Selatan), Kedlmn:21 Km Dirasakan (MMI) II - III Mukomuko, II Padang, II-III Pesisir," tulis BMKG, di akun X resminya, Rabu.

Untuk diketahui, skala MMI (Modified Mercalli Intensity) adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Skala I MMI dimaksudkan, getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang, pada skala II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca Juga: Gempa M 5,1 Guncang Karatung Sulut, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Kemudian III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk yang tengah melintas.

Lalu pada skala IV MMI, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik, dan dinding berbunyi.

Sementara jika gempa terjadi pada malam hari, orang-orang akan terbangun, piring dan gelas dapat pecah, jendela dan pintu berbunyi, dinding berderik karena pecah-pecah.

Terakhir pada skala V MMI, yakni getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Hingga berita ini ditulis, belum ada informasi terkait dampak gempa yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar tersebut. Termasuk ada atau tidaknya kerusakan dan korban jiwa akibat gempa yang terjadi. 

Baca Juga: Gempa dengan Kekuatan 4,4 Magnitudo Guncang Bolaang Mongondow Selatan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x