Kompas TV regional sumatra

KIP Banda Aceh Mulai Rekap Suara Pemilu Tingkat Kota

Kompas.tv - 4 Maret 2024, 20:34 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - KIP Kota Banda Aceh mulai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kota dalam rapat pleno terbuka yang digelar di Asrama Haji Banda Aceh selama dua hari.

Sebelumnya rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kecamatan sudah selesai dilaksanakan. Namun jika ada perbaikan maupun ajuan keberatan dari saksi yang hadir selama proses rekapitulasi berlangsung hari ini maka akan diselesaikan atau disesuaikan di tingkat kabupaten kota.

Adapun batas rekapitulasi tingkat kota berakhir pada lima Maret mendatang yang hasilnya kemudian akan diserahkan ke provinsi.

Sementara itu tingkat partisipasi pemilih di Kota Banda Aceh meningkat hingga 81,65 persen dari periode sebelumnya berada di angka 78,63 persen. Kenaikan persentase ini melebihi target yang ditetapkan oleh KIP Kota Banda Aceh dari jumlah Daftar Pemilih Tetap 169.610 orang, sedangkan sisanya ada yang tidak menggunakan hak suaranya atau golput.

KIP Kota Banda Aceh juga mengajak masyarakat untuk mengawal proses rekapitulasi hasil penghitungan suara yang digelar secara virtual karena rekapitulasi ini akan menjadi pedoman hasil pemilu yang akan diumumkan oleh KPU RI pada akhir Maret mendatang.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x