Kompas TV regional jawa barat

Rumah dan Pabrik Rusak Imbas Puting Beliung, Bey Machmudin Sebut Pemerintah akan Beri Bantuan

Kompas.tv - 23 Februari 2024, 13:59 WIB
rumah-dan-pabrik-rusak-imbas-puting-beliung-bey-machmudin-sebut-pemerintah-akan-beri-bantuan
Bangunan milik PT Kahatex di Jatinangor, Sumedang, hancur diterjang angin puting beliung, Rabu (21/2/2024). (Sumber: Tribun Jabar)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

BANDUNG, KOMPAS.TV - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengatakan bahwa pihaknya tengah mencari solusi untuk membantu masyarakat yang terdampak angin puting beliung di Rancaekek, Kabupaten Bandung, dan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Bencana angin puting beliung membuat sejumlah rumah dan pabrik rusak. Bey mengatakan bahwa warga yang rumahnya rusak akan mendapatkan bantuan pemerintah dengan anggaran diambil dari Belanja Tidak Terduga (BTT) Pemkab Sumedang.

“Sementara untuk perusahaan atau pabrik yang mengalami kerusakan, Bupati Sumedang akan bicara dengan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia),” ucap Bey, Jumat (23/2/2024), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Fenomena Cuaca Ekstrem Puting Beliung Masih Bisa Terjadi, Ini Imbauan dari BMKG

Untuk mempercepat penanganan bencana, termasuk pemberian bantuan kepada warga yang terdampak, status tanggap darurat akan ditetapkan, khusus di Kabupaten Sumedang.

Bey juga sudah menerima laporan dari Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman terkait hal tersebut.

“Pak Bupati Sumedang akan segera menetapkan tanggap darurat,” ujarnya.

Adapun terkait korban luka-luka, Bey menyebut bahwa biaya tidak ditanggung karena sudah mendapatkan penanganan di klinik dan sudah pulang ke rumah.

Namun, bagi korban yang dirujuk ke rumah sakit, maka biaya pengobatan akan ditanggung oleh pemerintah.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, angin puting beliung membuat lima kecamatan di Bandung dan Sumedang terdampak.

Lima kecamatan tersebut adalah Kecamatan Rancaekek, Kecamatan Cicalengka, dan Kecamatan Cileunyi di Kabupaten Bandung, serta Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Cimanggung di Kabupaten Sumedang.


Baca Juga: Peneliti Klimatologi BRIN Sebut Skala Angin Puting Beliung di Rancaekek Bandung Mirip Tornado!

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Hadi Rahmat mengatakan bahwa sebanyak 534 bangunan di lima kecamatan tersebut rusak. Untuk di Sumedang, sebanyak 13 pabrik dan 10 unit rumah rusak. Sementara di Bandung, 18 bangunan pabrik dan toko rusak, 223 unit rumah rusak ringan, 119 unit rumah rusak sedang, dan 151 unit rumah rusak berat.

Puting beliung juga membuat 33 orang mengalami luka-luka, dengan rincian 12 orang di Sumedang dan 21 orang di Bandung. Sebanyak 412 KK di Sumedang dan 422 KK di Bandung terdampak.

 

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x