Kompas TV regional sulawesi

Kostrad Menanam Ribuan Bibit Pohon Jati di Maros

Kompas.tv - 17 Februari 2024, 19:02 WIB
kostrad-menanam-ribuan-bibit-pohon-jati-di-maros
Penanaman Bibit Jati Bersama Warga (Sumber: Brigif 3/TBS Yonif 433/JS)
Penulis : KompasTV Makassar

MAROS, KOMPAS.TV -  Dalam Rangka HUT Kostrad Ke-63 Satuan Jajaran Brigade Infanteri 3 Tri Budi Sakti (Brigif 3/Tri Budi Sakti) dan Batalyon Infanteri 433/Julu Siri melaksanakan kegiatan reboisasi serta penanaman pohon di desa Toddopuli, kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/02/2024). 

Reboisasi ini bertujuan untuk memperluas penghijauan serta menjaga kelestarian maupun ekosistem di alam tersebut. 
Adapun luas lahan yang telah dimanfaatkan untuk penghijauan ± 2 Hektar. Lahan tersebut telah ditanami berbagai jenis Bibit Pohon.

Penanaman Pohon merupakan program Reboisasi dalam rangka memperingati HUT Ke-63 Kostrad yang dihadiri oleh Komandan Batalyon Infanteri 431/SSP Letkol Inf. Andi Zulhakim Asdar yang mewakili Danbrigif-3/TBS Letkol Inf. Eko Antoni Chandra Lestianto, M.H serta turut hadir Kepala Kecamatan Tanralili, Danramil Tompobulu, Kapolsek Tanralili, Kepala Desa Toddopuli, Masyarakat Toddopuli, Pasiintel Yonif 433/JS Lettu Inf Josua Simbolon mewakili Danyonif 433/JS Letkol Inf. Laode Muhammad Idrus, Ketua Persit KCK Ranting 4 Cabang XXXI Koorcab Divif-3 PG Kostrad Nyonya Laode Muhamad Idrus dan Siswa SMK 2 Maros yang merupakan perwakilan dari Pelajar.

Pelaksanaan Reboisasi ini dilakukan dengan menanam 10.000 bibit berupa Pohon Kayu Hitam, Jati Putih dan Jati Merah.  

Dalam sambutannya, Kepala Kecamatan Tanralili menyambut baik pelaksanaan Reboisasi "Diharapkan bisa untuk memperbaiki kondisi alam yang ada di desa Toddopuli akibat adanya aktivitas penambangan sehingga lahan yang telah tidak digunakan dapat kembali dimanfaatkan untuk kepentingan ekosistem di wilayah Toddopuli serta mencegah terjadinya Pencemaran, Tanah Longsor, Banjir, Erosi tanah apabila musim hujan telah tiba".

Didalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Masyarakat sangat antusias sehingga kedepannya juga diharapkan untuk masyarakat dari desa Toddopuli ikut serta untuk menjaga dan melestarikan pohon yang telah ditanam. Sehingga dapat di manfaatkan didalam meningkatkan kesejahteraan Masyarakat serta fungsi dari kegiatan Reboisasi yang telah dilaksanakan. 

 

#hutkostrad #bibitjati 



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x