Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Difabel dan Anak Berkebutuhan Khusus di Magelang Bisa Dapatkan Terapi Gratis

Kompas.tv - 25 Januari 2024, 00:30 WIB
difabel-dan-anak-berkebutuhan-khusus-di-magelang-bisa-dapatkan-terapi-gratis
Seorang warga Desa Samben, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Mulyatmi (kanan) saat membawa anaknya menjalani terapi di LKS Swadaya Bunda, Rabu (24/1/2024). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

MAGELANG, KOMPAS.TV  -  Penyandang disabilitas dan anak berkebutuhan khusus dari keluarga tidak mampu di wilayah Kabupaten Magelang dapat menjalani terapi secara gratis.

Penjelasan itu disampaikan oleh Ketua Lembaga Kesejateraan Sosial (LKS) Swadaya Bunda, Magelang, Istining Rahayu, Rabu (24/1/2024), seusai launching program Latih Adikku.

Latih Adikku merupakan akronim dari Layanan Terapi Khusus bagi Penyandang Disabilitas dan Anak Berkebutuhan Khusus.

Program tersebut merupakan layanan dari Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, yang merupakan Unit Pelayaksana Teknis Kementerian Sosial RI.

Istining menjelaskan, dengan adanya program tersebut, pihaknya menjadi semakin terbuka untuk menolong banyak disabilitas yang berada di sekitar Kabupaten Magelang.

Baca Juga: Kala Presiden Jokowi Sebut Siswa SD Magelang Kurus Mirip Dirinya di Penyerahan Bantuan PIP

Sebelumnya, kata dia, LKS Swadaya Bunda memberikan pelayanan untuk disabilitas dalam bentuk pendidikan  dan vokasional.

"Sekarang punya layanan baru berupa unit layanan terapi, sehingga kami juga bisa memberikan layanan gratis untuk orang tua yang tidak mampu,” tuturnya melalui keterangan tertulis.

“Anak anak di LKS ini bisa sekolah sekaligus bisa terapi tidak perlu jauh jauh, karena selama ini untuk terapi harus ke rumah sakit yg cukup jauh jaraknya," tambah Isti.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x