Kompas TV regional jawa barat

Tahun 2024 Ini, Bupati Dadang Supriatna Wacana Pembangunan Pabrik Pupuk Organik

Kompas.tv - 21 Januari 2024, 20:05 WIB
tahun-2024-ini-bupati-dadang-supriatna-wacana-pembangunan-pabrik-pupuk-organik
 
Penulis : KompasTV Bandung

KAB.BANDUNG, KOMPAS.TV - Bupati Bandung Dadang Supriatna mewacanakan membangun pabrik pupuk organik sebagai strategi untuk memenuhi kebutuhan pupuk organik atau mengatasi permasalahan pupuk organik yang dibutuhkan para petani di Kabupaten Bandung.

"Ada dua langkah yang direncanakan, pertama adalah bagaimana untuk bisa memanfaatkan pupuk organik yang tentunya ini merupakan suatu kebiasaan zaman para petani terdahulu. Ini bisa dikembangkan kembali," tutur Bupati Bandung saat  melaksanakan program Bunga Desa di Desa Pakutandang Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, Sabtu (20/1/2024).

Menurut Dadang Supriatna, pembuatan pupuk organik itu dengan menggunakan potensi-potensi yang ada di pedesaan.

"Contohnya peternak kambing, banyak tersebar di Kabupaten Bandung," kata Bupati Bandung.

Dikatakan orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini, langkah kedua adalah mengenai kolaborasi antara bahan organik yang ada atau dihasilkan di rumah tangga bisa diolah menjadi pupuk organik.

Di Kabupaten Bandung, ia  mengungkapkan akan membuat rencana tempat atau pabrik pengolahan pembuatan pupuk organik itu yang dikerjasamakan dengan BUMD milik Pemkab Bandung.

"Tempat pengolahan pupuk itu untuk kebutuhan pupuk organik di wilayah Kabupaten Badung khususnya, dan regional, bahkan kalau produksinya bisa lebih meningkat itu bisa untuk kebutuhan nasional," jelas Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna.

 

Tetapi untuk tahun ini, imbuh Bupati Bandung, rencana pengolahan atau pabrik pupuk organik itu baru tahap proses wacana yang tentunya akan ditingkatkan ke perencanaan lebih matang lagi.

Selanjutnya, kata Kang DS, pembangunan pabrik pengolahan pupuk organik itu akan dikolaborasikan dengan investor yang mau masuk ke Kabupaten Bandung dan dikerjasamakan dengan BUMD yang ada.

"Tahun 2024 ini, dalam tahap perencanaan dan mungkin 2025 realisasinya," katanya.

 

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:
IG: https:https://www.instagram.com/kompastvjabar/
Youtube: https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat
Twitter: https://twitter.com/kompastv_jabar
Facebook: https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat
TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x