Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Menilik Monumen Ikan Bandeng Knalpot Brong di Pati, Dibuat dari Ribuan Knalpot Razia

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 11:35 WIB
menilik-monumen-ikan-bandeng-knalpot-brong-di-pati-dibuat-dari-ribuan-knalpot-razia
Tugu Ikan Bandeng yang terbuat dari ribuan knalpot brong hasil razia menghiasi Alun-alun Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (Sumber: Polresta Pati)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

PATI, KOMPAS.TV - Kabupaten Pati di Jawa Tengah menghadirkan sebuah ikon unik yang menjadi perhatian yakni monumen berbentuk ikan bandeng. Monumen ini tidak seperti biasanya karena terbuat dari ribuan knalpot brong yang disita oleh polisi.

Sebagaimana dikutip dari Tribata News Polda Jateng, knalpot brong tersebut diperoleh dari hasil operasi penindakan Satlantas Polresta Pati selama empat bulan. Keunikan monumen ini merupakan bagian dari upaya Polresta Pati untuk mendukung program Polda Jateng Zero Knalpot Brong.

Baca Juga: Guru SD Swasta di Yogyakarta yang Cabuli 5 Muridnya Ditangkap, Pelaku Beraksi saat Jam Pelajaran

Monumen ikan bandeng knalpot brong ini memiliki panjang 11,5 meter dan tinggi 2 meter, terbuat dari 4.031 knalpot brong.

Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, melalui Kasat Lantas Polresta Pati Kompol Asfauri, menyatakan bahwa pembuatan monumen memakan waktu sekitar sepuluh hari dan dilakukan oleh perajin lokal di Rendole, Pati.

Baca Juga: Deklarasi Jateng Zero Knalpot Brong

“Pembuatan monumen bandeng ini membutuhkan waktu sekitar sepuluh hari. Monumen ini dikerjakan oleh perajin di Rendole, Pati,” jelas Asfauri.

Simbolisasi dan Pesan Monumen

Baca Juga: Ini Identitas 6 Korban Tewas Akibat Kebakaran Tempat Karaoke New Orange di Tegal

Monumen bandeng ini dipilih karena ikan bandeng merupakan produk unggulan khas Pati. Melalui monumen ini, diharapkan masyarakat, khususnya pengendara motor, akan berhenti menggunakan knalpot brong yang mengganggu dan membahayakan.

Monumen ini juga berfungsi sebagai pengingat bagi pengguna jalan di alun-alun Pati untuk menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas).

Baca Juga: Berbeda, Kedai Kopi Mungil Nyempil di Deretan Toko Buku

“Dalam rangka menciptakan situasi kamseltibcar lantas, tugu atau monumen ini jadi pengingat bagi pengguna jalan yang melintas di area alun-alun, jantung kota Pati,” jelasnya.


Pemerintah Kabupaten Pati memberikan respons positif terhadap kreativitas Satlantas Polresta Pati dalam pembuatan monumen ini. Lokasi monumen dipilih melalui koordinasi dengan Penjabat Bupati Pati dan pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Baca Juga: 650.000 Surat Suara Pilpres dan DPD Tiba di KPU Kudus

Setelah pembuatan monumen ini, Satlantas Polresta Pati berencana untuk terus menggencarkan razia knalpot brong. Mereka juga akan menekankan kegiatan preventif dan edukatif kepada pengendara motor, produsen, dan bengkel aksesoris motor. Razia ini dilakukan oleh satuan tugas khusus yang bertanggung jawab atas penanganan knalpot brong di jalan.

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x