Kompas TV regional papua maluku

Dampak Ricuh Ratusan Warga Masih di Pengungsian

Kompas.tv - 6 Januari 2024, 16:26 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Pasca kerusuhan di Kampung Karya Bumi Besum, Distrik Namblong, Senin (01/01/2024), ratusan masyarakat masih bertahan di pengungsian dan enggan kembali karena trauma. Masyarakat meminta jaminan keamanan dari aparat kepolisian.

Dari hasil pendataan Kepolisian Resort Jayapura jumlah warga yang mengungsi akibat kerusahan pekan lalu mencapai 928 orang. Mereka tersebar di tiga lokasi di distrik namblong. Dan masih bertahan di pengungsian hingga sabtu (06/01/2024).

Ratusan pengungsi yang terdiri dari perempuan dan anak-anak masih takut kembali ke rumah karena trauma atas kerusuhan yang terjadi dan enggan pulang ke rumah sebelum ada jaminan keamanan dari aparat Kepolisian Polres Jayapura.

Sementara, Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus Maclarimboen mengatakan, dari hasil pendataan yang dilakukan, terdapat beberapa fasilitas pemerintah yang dibakar diantaranya kantor desa, kantor Polisi, delapan rumah warga dan 21 rumah lainnya dirusak dan dijarah, serta 22 mobil dirusak dan 41 motor dibakar.

Sebelumnya kerusuhan terjadi pada senin siang. Saat itu seorang warga tewas yang diduga dianiaya oleh oknum TNI. Akibatnya keluarga korban marah dan melakukan aksi balasan dengan membakar sejumlah perkantoran.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x