Kompas TV regional papua maluku

Pangkostrad Temui Warga dan Pasukan Pandawa Kostrad di Kenyam Nduga

Kompas.tv - 30 Desember 2023, 15:39 WIB
pangkostrad-temui-warga-dan-pasukan-pandawa-kostrad-di-kenyam-nduga
Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Muhamamd Saleh Mustafa menemui langsung pasukan TNI yang sedang bertugas di daerah rawan zona merah di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Sabtu (30/12?2023). (Sumber: satgas 411 pandawa kostrad)
Penulis : KompasTV Merauke

NDUGA. KOMPAS.TV  – Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Muhamamd Saleh Mustafa menemui langsung pasukan TNI yang sedang bertugas di daerah rawan zona merah di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Sabtu (30/12?2023).

Dengan menggunakan helicopter Caracal TNI AU yang dilengkapi dengan senjata mesin otomatis, Jenderal TNI penyandang tiga bintang emas itu datang dari Jakarta untuk berjumpa dengan prajurit TNI dari Satgas Mobile Yonif 411/Pandawa Kostrad dan Satgas Intai Tempur (Taipur) Kostrad.

Berdasarkan siaran resmi Dansatgas Mobile Yonif 411/Pandawa Kostrad, Letkol Inf Subandi, Panglima Kostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa  datang ke Kenyam, Nduga melalui jalur udara dengan didampingi oleh Irkostrad Mayjen TNI M. Reza Utama, Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Choirul Anam, Asintel Kaskostrad Brigjen TNI Putra Widyawinaya, Asops Kaskostrad Brigjen TNI Christian Kurnianto Tehuteru, Aspers Kaskostrad Brigjen TNI Moh. Imam Gogor, Asintel Kasdivif 3 Kostrad, Danbrigif 20/IJK, Dansektor Timur dan Kasi Ops Sektor Timur dan Kasmin Pangkostrad.

Setelah mendarat di Landing Zone Pos Barak Baru, Panglima Kostrad beserta dan rombongan disambut oleh Dansatgas Mobile Yonif 411/Pandawa Kostrad dan Para Ksatria Kostrad, turut hadir juga dalam penyambutan Dandim 1706/Nduga, Kasintel Sektor Timur, Kapos Kenyam Satgas Elang IV, Dansektor Satgas Kopasgat, Danki Satgas Damai Cartenz 2024, Dantimsus Delta Satgas Elang IV, Dantim Satgas Mandala IV, Kasubagdalops Polres Nduga dan Dantim Pos Nduga Deninteldam XVII/Cenderawasih.

Selanjutnya Pangkostrad beserta rombongan menuju ke Pos Barak Baru untuk bertemu langsung dengan Para Prajurit Kostrad yang sedang melaksanakan tugas sebagai (Satgas Pamtas RI-PNG Mobile) di Kenyam.

Tiba di Pos Barak Baru Pangkostrad yang menggunakan perlengkapan tempur rompi, helm dan senjata laras panjang langsung berganti menggunakan baret hijau Darma Putra kebanggaan Kostrad untuk selanjutnya menemui dan menyapa langsung pasukan Kostrad.

Kedatangan Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang baru menjabat sebagai Pangkostrad pada awal bulan Desember lalu, menjadi semangat dan kebahagiaan bagi Prajurit Kostrad yang sedang bertugas di daerah rawan.

Dalam pengarahannya, Pangkostrad mengatakan, bahwa kedatangannya ke  Kenyam ini adalah untuk melihat secara langsung prajurit yang sedang bertugas, memastikan semuanya sehat, serta memiliki moril yang tinggi untuk melaksanakan tugas dengan baik, dan meraih keberhasilan.

"Saya datang ke sini bersama rombongan, Irkostrad dan para asisten dengan hati ikhlas mereka ikut mendampingi saya , dulu sebelum saya menjabat Pangkostrad saya sudah punya niat untuk bertemu dengan Satgas Yonif 411/Pandawa di daerah operasi, dan hari ini saya datang kesini," ucap Pangkostrad.

Prajurit juga dipesankan untuk selali menanamkan semangat juang dalam bertempur, dan melakukan tugas  dengan hati yang tulus ikhlas demi memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara, serta membawa dampak positif bagi masyarakat dalam membantu kesulitannya.

Setelah 35 menit bertatap muka dan memberikan pengarahan singkat kepada para prajuritnya, Pangkostrad selanjutnya berjalan kaki menuju ke Pos Kotis Kenyam, dengan pengawalan ketat kendaraan tempur lapis baja dan kendaraan taktis baja.

Di Pos Kotis Kenyam  ratusan warga telah menunggu kedatnagan Pangkostrad. Bahkan mereka sudah sejak pagi hari menanti kehadiran Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa. Kebutulan disaat bersamaan sedang dilaksanakan kegiatan teritorial yang terus di gencarkan oleh Satgas Mobile Yonif 411/Pandawa Kostrad, yakni program Peduli Gizi Stunting jilid 3 dan borong hasil bumi warga.

Menurut Letkol Inf Subandi, kegiatan teritorial sudah dilaksanakan sejak pagi, dengan tujuan agar jika rombongan Pangkostrad tiba. Mereka dapat langsung menikmati kebahagiaan bersama-sama, anak-anak dapat paket gizi, Mama-mama Papua dagangannya habis ludes di borong sesuai jargon Ksatria Pandawa Kostrad bahwa kehadirannya di Kabupaten Nduga adalah untuk menghadirkan kebahagiaan bagi semua.

"Bapa-bapa, mama-mama dan adik-adik semua. Di tengah kita hadir Bapak Panglima Kostrad, Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang selama ini selalu kirim barang dan kirim uang untuk bantu masyarakat. Kami di sini hanya bertugas saja," kata Letkol Subandi di hadapan masyarakat.

Pangkostrad juga menyampaikan terima kasih kepada warga yang telah bersinergi bersama TNI-Polri menjaga kemananan di Nduga.

Jadi, terima kasih banyak, bahwa Kenyam ini aman, ini sudah mulai bisa memberikan contoh pada banyak orang. Bahwa kami, TNI-Polri bisa mengerjakannya bersama masyarakat," ucap Panglima Kostrad.

Sosok Panglima Kostrad yang baru pertama ditemui oleh masyarakat Kenyam, membuat sumringah kebahagiaan terpancar dari wajah masyarakat yang hadir di halaman depan Pos Kotis.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih, khususnya kepada Batalyon kalian. Hari ini saya sangat berkesan dengan apa yang saya lihat disini, kalian baik dengan masyarakat, kalian bantu masyarakat, pada intinya saya selalu berpesan untuk selalu waspada dan selalu berhati-hati, saya ucapkan terima kasih," Pungkas Pangkostrad.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x