Kompas TV regional sumatra

Aquabike Jetski World Championsip 2023 di Tao Silalahi Sukses, Warga Dapat Keuntungan Ekonomi

Kompas.tv - 29 Desember 2023, 00:25 WIB
aquabike-jetski-world-championsip-2023-di-tao-silalahi-sukses-warga-dapat-keuntungan-ekonomi
Perhelatan Aquabike World Championship 2023 yang diselenggarakan di Tanah Karo, Tano Kekelengen Kabupaten Dairi, Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Sumatera Utara pada 23 November lalu berhasil meraih kesuksesan. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

DAIRI, KOMPAS.TV - Perhelatan Aquabike World Championship 2023 yang diselenggarakan di Tanah Karo, Tano Kekelengen Kabupaten Dairi, Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Sumatera Utara pada 23 November lalu berhasil meraih kesuksesan.

Untuk pertama kali, Kabupaten Dairi dipercaya menjadi tuan rumah ajang kelas internasional lewat Aquabike Jetski World Championship ini dari Dairi untuk Dunia. Tak pelak, ajang internasioanl ini pun mampu menyedot lebih dari 5000 pengunjung selama 2 hari penyelenggaraan.

Selain sukses dalan penyelenggaraan, Aquabike World Championship Jetski 2023 juga berdampak signifikan terhadap perekonomian masyarakat di sekitar Danau Toba, terutama pedagang. 

Hal ini dikarenakan event ini menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

Tren positif ini tidak hanya dari jumlah pengunjung yang banyak tapi juga dari perputaran ekonomi masyarakat selama penyelenggaraan acara berdasarkan Data yang diperoleh dari Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Kabupaten Dairi.

Dari hasil penelitian Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dairi menunjukkan, bahwa tingkat kepuasan pengunjung dan dampak terhadap UMKM/pedagang pada pelaksanaan event Aquabike World Championship Jetski 2023 secara umum adalah baik. 

Masyarakat merasa puas dengan penyelenggaraan event ini karena dapat memberikan hiburan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap olahraga air.

Pengunjung juga merasa puas dengan penyelenggaraan event ini karena dapat menyaksikan perlombaan aquabike yang menarik dan mendapatkan pengalaman baru. 

Para pedagang ikut puas dengan penyelenggaraan event ini karena dapat meningkatkan omzet penjualan mereka.

Sebelum ajang ini bergulir, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan bahwa ajang ini akan menjadi kesempatan bagi Dairi untuk unjuk diri kepda dunia.

“Untuk pertama kali, kami Kabupaten Dairi dipercaya menjadi tuan rumah even kelas internasional. Ini kesempatan baik buat kita untuk memperkenalkan Dairi ke dunia internasional. Aquabike Jetski World Championship ini dari Dairi untuk Dunia,” kata Bupati Eddy pada 23 November lalu.

Tidak hanya itu, Bupati juga menyampaikan bahwa kesempatan ini juga jadi babak baru untuk Tao Silalahi menyelenggarakan sport tourism.

“Tentu kesempatan ini jadi babak baru bagi Dairi dan Tao Silalahi untuk mampu menjadi tuan rumah even sport tourism yang lain ke depannya. Jadi mari datang, ramaikan, dan sukseskan pesta rakyat berskala internasional ini,” ujarnya.

Baca Juga: Aquabike Jetski World Championsip di Tao Silalahi Sedot 5000 Pengunjung



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x