Kompas TV regional sumatra

Aquabike Jetski World Championsip di Tao Silalahi Sedot 5000 Pengunjung

Kompas.tv - 28 Desember 2023, 15:02 WIB
aquabike-jetski-world-championsip-di-tao-silalahi-sedot-5000-pengunjung
Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu (2 kiri) berfoto bersama saat penyerahan hadiah di even Aquabike World Championship Jetski 2023. (Sumber: Pemkab Dairi)
Penulis : KompasTV Medan

DAIRI, KOMPAS.TV - Perhelatan Aquabike World Championship telah usai. Setelah penyelenggaraan di Tanah Karo, Tano Kekelengen Kabupaten Dairi, Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan even ini. Untuk pertama kali, Kabupaten Dairi dipercaya menjadi tuan rumah even kelas internasional lewat Aquabike Jetski World Championship ini dari Dairi untuk Dunia. 

Tak pelak, even internasioanl inipun mampu menyedot lebih dari 5000 pengunjung selama 2 hari penyelenggaraan. Penyelenggaraan event Aquabike World Championship Jetski 2023 berdampak signifikan terhadap perekonomian masyarakat di sekitar Danau Toba, terutama pedagang. Hal ini dikarenakan event ini menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. 

Tren positif ini tidak hanya dari jumlah pengunjung yang banyak tapi juga dari perputaran ekonomi masyarakat selama penyelenggaraan even. Data yang diperoleh dari Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Kabupaten Dairi. Hasil penelitian Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dairi menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung dan dampak terhadap UMKM/pedagang pada pelaksanaan event Aquabike World Championship Jetski 2023 secara umum adalah baik. 

Masyarakat merasa puas dengan penyelenggaraan event ini karena dapat memberikan hiburan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap olahraga air. Pengunjung merasa puas dengan penyelenggaraan event ini karena dapat menyaksikan perlombaan aquabike yang menarik dan mendapatkan pengalaman baru. Pedagang merasa puas dengan penyelenggaraan event ini karena dapat meningkatkan omzet penjualan mereka. 

Dalam sesi wawancara bersama media nasional, sebelum acara bergulir, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan bahwa even ini akan menjadi kesempatan bagi Dairi untuk mendunia. “Untuk pertama kali, kami Kabupaten Dairi dipercaya menjadi tuan rumah even kelas internasional. Ini kesempatan baik buat kita untuk memperkenalkan Dairi ke dunia internasional. Aquabike Jetski World Championship ini dari Dairi untuk Dunia,” kata Bupati. 

Tidak hanya itu, Bupati juga menyampaikan bahwa kesempatan ini juga jadi babak baru untuk Tao Silalahi menyelenggarakan sport tourism. “Tentu kesempatan ini jadi babak baru bagi Dairi dan Tao Silalahi untuk mampu menjadi tuan rumah even sport tourism yang lain ke depannya. Jadi mari datang, ramaikan, dan sukseskan pesta rakyat berskala internasional ini,” katanya.

Atas kesuksesan tersebut, Pemkab Dairi di bawah kepemimpinan Eddy Berutu mendapat pujian dan apresiasi dari berbagai pihak, di antaranya dari Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Badikenita Putri Sitepu dalam wawancara di Dermaga Wisata Apung, Kecamatan Silahisabungan. "Kesan pertama yang begitu menggoda. Sebuah persiapan yang sangat baik telah disediakan Pemkab Dairi dalam even internasional ini. Tadi saya juga sudah bicara dengan event organizer (penata acara) internasionalnya dan mereka mengatakan sangat menyukai persiapan yang dilakukan Pemkab Dairi," ucapnya. "Kita apresiasi Bupati dan seluruh jajarannya yang sudah berusaha keras. Apapun ini adalah untuk membawa nama negara kita, bangsa kita, ke dunia internasional," ucapnya lagi. 

Respons yang sama juga diberikan Founder H2O Racing Nicolo Di San Germano dalam sambutannya. Disampaikannya, penyambutan yang diberikan Pemkab Dairi sangat menarik, unik, dan luar biasa. Keberhasilan lain yang perlu dicatatkan adalah peningkatan pendapatan masyarakat secara ekonomi dalam perhelatan ini. 

Berdasarkan informasi dari Disperindagkop Dairi, ada sebanyak 42 UMKM yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Berdasarkan data yang dihimpun dari lapangan, total penjualan selama 2 hari even Rp. 89 962 560. Ini belum termasuk usaha-usaha ekonomi warga yang ikut memanfaatkan even ini untuk menambah penghasilan, baik sebagai pedagang dadakan atau memang sudah lama membuka usaha disekitaran venue. 

Tidak hanya itu, berdasarkan informasi dari Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, tingkat keterisian (okupansi) hotel, penginapan, dan home stay terisi penuh. Jadi tidaklah berlebihan, bila apa yang disampaikan oleh Bupati Eddy Berutu bahwa ini adalah kesempatan baik bagi Dairi untuk mendunia. "Untuk pertama kali, kami Kabupaten Dairi dipercaya menjadi tuan rumah even kelas internasional. Ini kesempatan baik buat kita untuk memperkenalkan Dairi ke dunia internasional. Aquabike Jetski World Championship ini dari Dairi untuk Dunia," kata Bupati saat membuka even. 

Tidak hanya itu, Bupati juga menyampaikan bahwa kesempatan ini juga jadi babak baru untuk Tao Silalahi menyelenggarakan sport tourism. "Tentu kesempatan ini jadi babak baru bagi Dairi dan Tao Silalahi untuk mampu menjadi  tuan rumah even sport tourism yang lain ke depannya. Jadi mari datang, ramaikan, dan sukseskan pesta rakyat berskala internasional ini," katanya mengakhiri.

Sebagai informasi, selain balapan jetski, even ini akan diisi dengan berbagi kegiatan seperti pemecahan rekor MURI penari cawan terbanyak yakni 1225 penari, pentas seni, pentas musik, pameran budaya, panggung musik, dan pameran UMKM. (*)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x