Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Bangkitkan Lagu Anak Melalui Pentas Kita Cinta Lagu Anak

Kompas.tv - 25 Desember 2023, 15:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sejumlah anak-anak bernyanyi, bermusik dan menari dengan ceria di Gedung Rajawali Culture Semarang. Acara bertajuk pentas Kita Cinta Lagu Anak (Kila) diselenggarakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek dan Teknologi sebagai ruang dan wahana anak yang diekspresikan dalam bentuk drama musikal.

Suasana pentas tersebut seakan mengembalikan kita di tahun 1990-an, dimana banyak muncul lagu-lagu yang bertemakan anak-anak. Namun berbeda dengan saat ini, nyaris tidak ada lagu anak-anak, baik melalui media televisi maupun platfom digital yang diputar maupun dapat dipilih. Justru ironisnya banyak anak-anak yang menyanyikan lagu orang dewasa.

“Dianalisis bahwa dua dekade terakhir ini anak-anak cenderung menyanyi tidak sesuai usia. Intinya kita membuat anak memiliki dunia anak yang seharusnya, tugas pemerintah untuk menyediakan dan memperkuat ekosistem yang sudah ada. Memang sudah ada tapi tidak terlalu signifikan, sehingga kita bisa melihat anak-anak merekam lagu-lagu dewasa,” terang Edi Irawan, Ketua Tim Kerja Apresiasi dan Literasi Music Kemendikbud Ristek.

Oleh Kementerian Pendidikan, pentas Kila dipentaskan di sejumlah daerah, salah satunya di Kota Semarang. Pentas Kila mendapatkan respon positif dari Pemerintah Kota Semarang dan berharap tahun depan dapat digelar kembali di Kota Semarang.

“Kita mengapresiasi Kemendikbud Ristek menyelenggarakan Kila, dan berterimakasih sudah dipercaya.  Semarang ditetapkan peringkatnya naik di kota layak anak kategori bersama. Ini membuktikan Pemeritah Kota Semarang memiliki komitmen yang tinggi terhadap intuisi, talenta dan potensi anak sehingga kita mencoba bekerja sama dengan semua pihak khususnya Kemendikbud Ristek untuk bisa menyediakan tempat untuk anak menunjukan talentanya,” jelas Wing Wiyarso, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Semarang

Ungkapan rasa syukur dan bertepatan dengan hari ibu, anak-anak yang mengikuti pentas lagu turun panggung dan menyerahkan bunga serta surat kepada ibu mereka. Tidak sedikit orang tua yang terharu dengan prestasi yang dicapai anak mereka.

#kemendikbudristek #pentasanak #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x