Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jelang Liburan Nataru, Bus dan Awak Bus Jalani Pemeriksaan

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 14:30 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Armada bus terutama angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP) yang masuk ke terminal Tirtonadi, Solo, dihentikan untuk diperiksa. Selain kondisi bus, petugas juga melakukan pemeriksaan kesehatan awak bus, terutama pengemudi bus. Hal ini dilakukan agar angkutan libur Nataru berjalan lancar dan membuat penumpang tenang dan nyaman.


“Saat ini kita dalam rangka persiapan angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Ada beberapa pemeriksaan sebenarnya bukan hanya ini saja, memang kami tiap hari sudah ada pemeriksaan di lapangan. Namun, karena kita saat ini berkolaborasi dengan Dinas Provinsi Jawa Tengah, tentunya untuk saat ini kita konsen pada akademi. Tadi administrasi saja pelanggarannya, ada dua yang kita temukan, jadi sanksinya juga sanksi administrasi,” jelas Bandiyono, Pengawas Satuan Pelaksana Terminal Tipe A Tirtonadi Solo.

Kondisi bus yang diperiksa oleh petugas, mulai dari lampu hingga ban bus apakah masih layak atau tidak. Bus rapid pun tak luput dari pemeriksaan petugas. Bagian dalam bus juga diperiksa, apakah lengkap ada pemadam kebakaran hingga alat pemecah kaca. Bus AKDP menjadi sasaran karena selama ini sering ditemukan pelanggaran, dan untuk angkutan Nataru harus dipastikan semua armada laik jalan.

#nataru #pemeriksaan #busdanawakbus #solo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x